Jawab Soal Uji Pemahaman Bagian 1 Unit 3 Peluang dan Tantangan Penerapan Pancasila dalam Kehidupan Global, PPKn Kelas XI

By Rizky Amalia, Senin, 13 Mei 2024 | 13:45 WIB
(tangkapan layar) Terdapat soal Uji Pemahaman Bagian 1 Unit 3 'Peluang dan Tantangan Penerapan Pancasila dalam Kehidupan Global' di halaman 57-58. (kemdikbud.go.id)

adjar.id - Pada artikel ini kita akan membahas soal pada buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, materi PPKn kelas XI.

Terdapat soal Uji Pemahaman Bagian 1 Unit 3 "Peluang dan Tantangan Penerapan Pancasila dalam Kehidupan Global" di halaman 57-58.

Sebelum menjawab pertanyaan ini, kita diperintahkan untuk membawa informasi tentang Bagian 1 Unit 3 "Peluang dan Tantangan Penerapan Pancasila dalam Kehidupan Global".

Perkembangan teknologi informasi memiliki dampak positif sekaligus tantangan bagi eksistensi ideologi Pancasila.

Dengan segala kemudahan akses informasi, menjadikan banyak ideologi yang tidak sejalan dengan Pancasila dapat dengan mudah masuk ke masyarakat Indonesia.

Contohnya radikalisme, ekstrimisme, dan terorisme yang dapat mengancam persatuan Indonesia.

Indonesia memiliki keragaman adat dan budaya, serta dikenal dengan bangsa yang mencintai perdamaian.

Pancasila sebagai dasar negara Indonesia menjadi kekuatan bagi rakyat untuk menjalankan kehidupan dengan menjunjung nilai-nilai yang luhur agar tetap dapat berkompetisi secara global.

Nah, masyarakat Indonesia harus membekali diri dengan  beragam keterampilan, seperti kolaborasi, komunikasi, literasi, dan lain sebagainya.

Keterampilan ini penting untuk menjadi bekal agar dapat meningkatkan peluang penerapan Pancasila secara global serta berkompetisi dengan warga dunia lainnya.

Simak informasi di bawah ini untuk mengetahui pembahasan soal Uji Pemahaman Bagian 1 Unit 3.

Baca Juga: Jawab Soal Tugas Mandiri 1.1 Hak dan Kewajiban Asasi Manusia, PPKn Kelas XI