Jawab Soal Asesmen Pilihan Ganda Bab 2 Pergerakan Kebangsaan Indonesia, Sejarah Kelas XI

By Rizky Amalia, Senin, 13 Mei 2024 | 09:30 WIB
(tangkapan layar) Nasionalisme merupakan kesamaan kewarganegaraan dari semua etnis dan budaya di dalam suatu bangsa. (kemdikbud.go.id)

adjar.id - Pada buku Sejarah kelas XI Bab 2 "Pergerakan Kebangsaan Indonesia" terdapat soal Asesmen di halaman 84-85.

Nah, kali ini kita akan membahas soal Asesmen yang berupa lima soal pilihan ganda.

Bab 2 "Pergerakan Kebangsaan Indonesia" mempelajari tentang periode pergerakan kebangsaan Indonesia yang melawan penjajah.

Tahukah Adjarian? Secara etimologi, nasionalisme dapat didefinisikan menjadi dua pengertian.

Pertama, nasionalisme adalah sebuah paham kebangsaan yang berdasarkan kejayaan masa lalu.

Kedua, nasionalisme diartikan sebagai paham kebangsaan yang menolak penjajahan untuk membentuk negara yang bersatu dan berdaulat.

Pada pengertian yang lebih modern, nasionalisme merupakan kesamaan kewarganegaraan dari semua etnis dan budaya di dalam suatu bangsa.

Terdapat beberapa faktor yang melatarbelakangi munculnya kesadaran nasionalisme berbangsa yang kemudian menimbulkan semangat untuk mencapai harapan barunya.

Mulai dari kemerdekaan lepas dari belenggu penjajahan hingga persamaan dan kemandirian untuk menentukan kehidupan melalui negara nasionalnya.

Bersumber dari kemdikbud.go.id, dalam konteks sejarah di Asia, kebangkitan nasional dan nasional bangsa timur lahir karena adanya relasi dari kolonialisme dan imperialisme pada abad ke-20.

Simak informasi di bawah ini untuk mengetahui pembahasan soal Asesmen pada buku Sejarah kelas XI Bab 2 "Pergerakan Kebangsaan Indonesia", materi Sejarah kelas XI.

Baca Juga: 5 Tujuan Peristiwa Rengasdengklok, Materi Sejarah Kelas XI Kurikulum Merdeka