Menemukan Ide Pokok dan Ide-Ide Pendukung dalam Teks Argumentasi, Materi Bahasa Indonesia Kelas XI

By Rizky Amalia, Rabu, 8 Mei 2024 | 09:00 WIB
Teks argumentasi sering kali digunakan sebagai teks landasan dalam debat. (Binti Malu)

adjar.id - Apakah Adjarian pernah menemukan contoh teks argumentasi saat mempelajari materi bahasa Indonesia di sekolah?

Teks argumentasi adalah jenis teks yang berisi tulisan yang di dalamnya terdapat alasan, penjelasan, dan pembuktian yang disertai dengan fakta aktual, nyata, dan valid sehingga memberikan kepercayaan terhadap pembaca.

Teks argumentasi juga dipahami sebagai jenis teks yang ditulis untuk membuktikan kebenaran suatu pendapat dengan disertai data dan fakta yang akurat sebagai alasan dan bukti.

Membuat teks argumentasi adalah salah satu cara untuk menyusun argumen atau pendapat secara logis dan persuasif mengenai suatu topik atau isu.

Teks argumentasi sering kali digunakan sebagai teks landasan dalam debat.

Alasannya karena teks argumentasi berisi data dan fakta yang dapat memperkuat argumen dalam debat.

Perlu diingat bahwa teks argumentasi perlu ditulis dengan mengikuti struktur yang jelas.

Struktur teks argumentasi adalah kerangka atau tata cara penyusunan teks yang memudahkan dalam menyajikan argumen atau pendapat secara logis dan persuasif.

Struktur teks terdiri dari pendahuluan, isi atau pembahasan, dan kesimpulan.

Pada artikel ini kita akan mempelajari tentang cara menemukan ide pokok dan ide-ide pendukung teks argumentasi, simak informasi di bawah ini.

"Teks argumentasi adalah jenis teks yang berisi pendapat atau argumen yang bertujuan untuk memengaruhi pembaca agar memiliki pemikiran yang sama dengan penulis".

Baca Juga: 4 Tujuan Teks Argumentasi, Materi Bahasa Indonesia Kelas XI Kurikulum Merdeka