adjar.id - Pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas IX, terdapat materi mengenai pembangunan berkelanjutan.
Pembangunan berkelanjutan adalah program yang disepakati pada sidang umum PBB tahun 2015 dengan tema "Agenda 2030 untuk Pembangunan Berkelanjutan".
Lebih lengkapnya, program tersebut dinamai "Tujuan Pembangunan Berkelanjutan" atau "Sustainable Development Goals" (SDGs).
Nah, pada program ini terdapat 17 poin yang merangkum isu-isu dunia.
Mulai dari isu sosial hingga isu lingkungan.
O iya, materi ini dipelajari di Bab 4, buku Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas IX Kurikulum Merdeka.
Setelah mempelajari materi ini, terdapat tugas untuk melakukan penelitian sederhana tentang isu SDGs.
Bagaimana caranya?
Berikut ini beberapa tahapan cara melakukan penelitian sederhana tentang isu SDGs.
Simak, yuk!
"Pembangunan berkelanjutan adalah program yang disepakati pada sidang umum PBB tahun 2015 dengan tema 'Agenda 2030 untuk Pembangunan Berkelanjutan'."
Cara Melakukan Penelitian Sederhana tentang Isu SDGs
Tahap 1: Bertanya dan Mengidentifikasi Masalah
Pada tahap ini ada langkah-langkah yang perlu kita lakukan, yaitu:
- Menentukan topik penelitian.
Kita bisa memilih satu poin SDGs untuk dipelajari lebih jauh.
- Membuat latar belakang.
Latar belakang disusun dengan menjelaskan tentang apa yang dibahas dan alasan pembahasan tersebut penting untuk dilakukan.
- Menyusun pertanyaan penelitian.
Pertanyaan penelitian sebaiknya dibuat sebanyak-banyaknya terkait topik yang akan dibahas.
Lalu, dikelompokkan dan dirangkum ke dalam dua atau tiga pertanyaan kunci untuk dijadikan pertanyaan penelitian.
- Menentukan populasi.
Populasi adalah sekumpulan orang yang akan dijadikan sasaran penelitian.
Baca Juga: Mengenal Teknik Pengumpulan Data Wawancara, Kuisioner, Dokumentasi, serta Observasi
- Menentukan sampel penelitian.
Sampel penelitian adalah sebagian orang dari populasi yang akan dijadikan responden sebagai sumber data dan informasi.
Kita bisa menentukan beberapa orang dari populasi sebagai sampel atau responden.
- Menentukan Narasumber.
Narasumber dapat berupa ahli di bidang yang berhubungan dengan topik.
Misalnya, tokoh masyarakat, pemerintah, praktisi, akademisi, guru, dan lain-lain.
- Menyusun pertanyaan
Susun pertanyaan dalam dua bentuk, yaitu daftar pertanyaan untuk kuesioner untuk sampel dan daftar pertanyaan untuk wawancara ahli.
Tahap 2: Mengumpulkan dan Mengelola Informasi
Berikut langkah-langkah yang perlu dilakukan pada tahap ini:
- Melakukan observasi, bisa dengan mengamati kondisi di lingkungan sekitar yang terkait topik.
Baca Juga: Konsep Pembangunan Berkelanjutan dan Tujuannya
- Menyebarkan kuesioner kepada sampel.
- Melakukan wawancara dengan ahli.
- Melakukan studi pustaka dengan membaca sumber tertulis, seperti artikel, buku, dan jurnal.
- Mengolah data informasi dengan mengumpulkan hasil perolehan informasi dan observasi, kuesioner, wawancara, dan studi pustaka.
Tahap 3: Merencanakan dan Mengembangkan Ide Solusi
Setelah kita memilih dan mempelajari isu permasalahan SDGs yang dipilih di tahap sebelumnya, selanjutnya adalah pengembangan ide.
Pengembangan ide ini sebagai usaha pemecahan masalah atau pengembangan inovasi terkait topik tersebut.
Tahap 4: Merumuskan Kesimpulan dan Melaksanakan Aksi
Pada tahap ini ada langkah-langkah yang perlu dilakukan, yaitu:
- Melaksanakan aksi dengan melakukan kegiatan yang telah direncanakan.
- Menyusun laporan proyek hasil penelitian dengan sistematika yang urut, meliputi:
Baca Juga: Kegiatan Pemanfaatan Lingkungan bagi Pembangunan Berkelanjutan
- Latar belakang
- Pertanyaan penelitian
- Pembahasan
- Kesimpulan
- Daftar pustaka
"Penelitian sederhana tentang isu SDGs dapat dilakukan dengan mengidentifikasi masalah hingga merumuskan kesimpulan."
Nah, itu dia cara melakukan penelitian sederhana tentang isu SDGs.
Coba Jawab! |
Apa kepanjangan SDGs? |
Petunjuk: Cek halaman 1. |
---
Sumber: Buku Ilmu Pengetahuan Sosial SMP/MTs Kelas IX Karya Mohammad Rizky Satria, dkk., Kemdikbud.
Tonton video ini juga, yuk!