7 Tujuan Kerja Sama Antarnegara, Materi Geografi Kelas XII Kurikulum Merdeka

By Nabil Adlani, Selasa, 13 Februari 2024 | 11:00 WIB
Kerja sama antarnegara memiliki beberapa tujuan utama. (freepik)

adjar.id - Dalam menjalankan kehidupan bernegara, setiap negara membutuhkan negara lain.

Hal itu kemudian memunculkan adanya kerja sama antarnegara, Adjarian.

Kerja sama antarnegara merupakan bentuk kolaborasi atau hubungan kerja bersama antara dua atau lebih negara untuk mencapai tujuan bersama.

Kerja sama antarnegara melibatkan pertukaran sumber daya, pengetahuan, teknologi, informasi, dan upaya bersama untuk meningkatkan kesejahteraan atau mengatasi tantangan bersama.

Nah, kerja sama antarnegara dapat terjadi dalam berbagai bidang, termasuk ekonomi, politik, keamanan, lingkungan, kesehatan, pendidikan, dan lainnya.

Beberapa bentuk kerja sama antarnegara melibatkan perjanjian bilateral antara dua negara, sementara yang lain melibatkan partisipasi dalam organisasi internasional atau regional.

"Kerja sama antarnegara adalah bentuk kerja sama atau kolaborasi yang terjadi antara dua atau lebih negara untuk mencapai tujuan bersama yang saling menguntungkan."

Tujuan Kerja Sama Antarnegara

Beberapa tujuan umum dari kerja sama antarnegara, yaitu:

1. Pemeliharaan Perdamaian dan Keamanan

Kerja sama antarnegara sering kali dimotivasi oleh keinginan untuk mencegah konflik dan memelihara perdamaian di tingkat internasional.

Kerja sama ini dapat melibatkan kerja sama dalam menjaga keamanan regional atau global, serta partisipasi dalam upaya penyelesaian konflik.

Baca Juga: Dampak Negatif Kerja Sama Antarnegara, Materi Geografi Kelas XII Kurikulum Merdeka