adjar.id - Pada buku Belajar Bersama Temanmu Matematika Kelas IV SD Vol 2 Kurikulum Merdeka, terdapat soal Persoalan 1 di halaman 71.
Dalam soal Persoalan 1, kita diminta menjawab beberapa pertanyaan terkait perkalian dan pembagian bilangan desimal.
Nah, kali ini kita akan membahas soal tersebut yang dapat dijadikan sebagai referensi.
Bilangan desimal merupakan bilangan yang memiliki penyebut khusus, yaitu sepuluh, seratus, dan seterusnya.
Bilangan desimal mempunyai ciri khas sendiri dalam penulisannya, Adjarian.
Ciri khas itu berupa penggunaan tanda koma sebagai pemisah antara bilangan pecahan dengan bilangan bulatnya.
Bilangan desimal menurut asal terbentuknya termasuk sebagai kelompok bilangan pecahan.
Yuk, simak pembahasan soal Persoalan 1 tentang perkalian dan pembagian bilangan desimal berikut ini!
Persoalan 1 tentang Perkalian dan Pembagian Bilangan Desimal
1. Ayo mengalikan atau membagi bilangan-bilangan desimal.
1. Oleh karena 2,7 x 5 menyatakan 27 x 5 = 135 sebagai satuan dari, [ ] maka jawaban 2,7 x 5 adalah [ ].
Jawaban: Sepersepuluh dan 13,5
2. Oleh karena 6,48 : 9 menyatakan 648 : 9 = 72 sebagai satuan dari, [ ] maka jawaban 6,48 : 9 adalah [ ].
Jawaban: Seperseratus dan 0,72
3. Oleh karena 12 di A bermakna 13 kelompok dari [ ] seperti ditunjukkan di samping kanan, 9,3 : 4 = 2 dengan sisanya [ ].
Jawaban: 0,1-an dan 1,3
2. Ayo berhitung dengan cara bersusun.
1. 2,4 x 3
Jawaban: 7,2
2. 2,8 x 12
Jawaban: 33,6
3. 0,12 x 5
Jawaban: 0,6
4. 7,2 x 4
Jawaban: 1,8
5. 41,6 : 26
Jawaban: 1,6
6. 3,78 : 6
Jawaban: 0,63
3. Berapa cm² luas sampul yang diperlukan jika sebuah buku memiliki panjang 14,8 cm dan lebar 21 cm?
Jawaban: L = p x l
L = 14,8 x 21
Baca Juga: Jawab Soal Latihan tentang Bilangan Desimal, Materi Matematika Kelas IV SD Vol 2 Kurikulum Merdeka
L = 310,8 cm²
Jadi, luas sampul yang diperlukan adalah 310,8 cm².
4. Sebuah pita yang panjangnya 36,5 m dibagi menjadi 5 bagian yang sama panjang.
Berapa meter panjang setiap bagian itu? Jika terdapat sisa, berapa meter panjangnya?
Jawaban: 36,5 : 5
= 7 meter sengan sisa 1,5 meter
5. Budi dan Yani membangi satu daerah menjadi dua daerah seperti yang ditunjukkan pada gambar di samping.
Jika luas kedua daerah tersebut adalah sama, maka isilah [ ] dengan suatu bilangan.
Jawaban: LB = LY
L seluruhnya = p x l
Baca Juga: Cara Mengubah Bilangan Desimal, Materi Matematika SD Kelas V Kurikulum Merdeka
L seluruhnya = 12 x 9,5
L seluruhnya = 114 m²
LB = 114 m² : 2
LB = 57 m²
LB = p x l
l = LB : p
l = 57 : 8
l = 7,125 m
Nah, itulah pembahasan soal Persoalan 1 tentang perkalian dan pembagian bilangan desimal.
Coba Jawab! |
Apa yang dimaksud dengan bilangan desimal? |
Petunjuk: Cek halaman 1. |
---
Sumber: Buku Belajar Bersama Temanmu Matematika untuk Sekolah Dasar Kelas IV Volume 2 Karya Tim Gakko Tosho, Kemendikbudristek tahun 2021.
Tonton video ini juga, yuk!