Jawab Soal Bahasa Indonesia Tabel 3.5 Pelesapan, Kelas VII Kurikulum Merdeka, Bab 3

By Mumtahanah Kurniawati, Jumat, 24 November 2023 | 11:00 WIB
Pada buku Bahasa Indonesia Kelas VII Kurikulum Merdeka Bab 3, halaman 83, terdapat soal pelesapan. (Freepik)

adjar.id - Kali ini kita akan membahas soal Tabel 3.5 tentang pelesapan yang terdapat pada buku Bahasa Indonesia Kelas VII Kurikulum Merdeka, Bab 3, halaman 83.

Apa itu pelesapan?

Pelesapan adalah menghilangkan bagian berupa kata atau gabungan kata tertentu yang sama dan sudah disebutkan pada kalimat sebelumnya.

Biasanya pelesapan terjadi pada kalimat majemuk rapatan, yakni gabungan beberapa kalimat tunggal yang subjek, predikat, atau objeknya sama.

Nah, sekarang kita simak bersama pembahasan soal tersebut di bawah ini, yuk!

Pelesapan

1. Kurang tepat -> Setelah dicuci bersih, olesi jagung dengan mentega dan kecap manis pedas. Setelah jagung dibumbui, bakar jagung di atas api.

Perbaikan dengan pelesapan -> Setelah dicuci bersih, olesi jagung dengan mentega dan kecap manis pedas. Setelah dibumbui, bakar di atas api.

2. Kurang tepat -> Campurkan lem cair dengan pewarna makanan dalam piring sampai merata. Setelah campuran merata, tambahkan sedikit demi sedikit sabun cuci piring sehingga campuran membentuk gel dan tidak lengket di piring.

Perbaikan dengan pelesapan -> Campurkan lem cair dengan pewarna makanan dalam piring sampai merata. Setelah merata, tambahkan sedikit demi sedikit sabun cuci piring sehingga membentuk gel dan tidak lengket di piring.

3. Kurang tepat -> Pilih menu "shut down", lalu pilih "OK”. Tunggu sampai komputer mati. Berikutnya, setelah komputer mati, matikan stabilizer dengan cara menekan tombol power sesaat setelah komputer mati. Kemudian, kalian harus mencabut kabel listrik agar arus terputus.

Baca Juga: Jawab Soal Bahasa Indonesia Pertanyaan Teks Prosedur 'Tip Sehat dan Bugar pada Masa Remaja', Kelas VII Kurikulum Merdeka, Bab 3