Jawab Soal Bahasa Indonesia Tabel 2.8 Perbandingan Analisis Iklan Saus Tomat, Kelas VIII Kurikulum Merdeka, Bab 2

By Mumtahanah Kurniawati, Rabu, 22 November 2023 | 09:00 WIB
Pada buku Bahasa Indonesia Kelas VIII Kurikulum Merdeka Bab 2, halaman 54, terdapat soal Tabel 2.8. (Freepik/macrovector)

adjar.id - Setiap iklan dibuat dengan tampilan yang berbeda-beda.

Iklan yang efektif adalah iklan yang berhasil menarik perhatian konsumen, yaitu yang memiliki tampilan iklan sesuai dengan keadaan konsumen yang dituju dan produk yang diiklankan.

Untuk melihat perbedaan atau persamaan dalam iklan, bisa dilakukan dengan cara melakukan perbandingan.

Nah, kali ini kita akan belajar membandingkan iklan dengan mengerjakan soal Tabel 2.8 yang ada di buku Bahasa Indonesia Kelas VIII Kurikulum Merdeka, Bab 2, halaman 54.

Iklan yang perlu dibandingkan adalah iklan "Saus Tomat Marincha". Terdapat dua tampilan iklan yang berbeda dengan satu produk yang sama.

Kita diminta untuk membandingkan dan menganalisis tampilan kedua iklan tersebut dan menyimpulkan manakah iklan yang lebih efektif.

Langsung saja kita simak pembahasan soal tersebut di bawah ini, yuk!

Perbandingan Analisis Iklan Saus Tomat "Saus Tomat Marincha"

1. Teks Iklan

- Iklan 1 -> Teks pada iklan pertama sangat banyak yang disajikan dalam bentuk paragraf yang kurang efektif jika digunakan dalam iklan.

- Iklan 2 -> Iklan kedua menggunakan teks yang singkat dan langsung, tetapi menarik sesuai dengan iklan yang efektif.

Baca Juga: Jawab Soal Bahasa Indonesia Tabel 2.3 Informasi Lengkap tentang Iklan Kios Pak Jal, Kelas VIII Kurikulum Merdeka, Bab 2

2. Gambar

- Iklan 1 -> Gambar pada iklan pertama terlalu kecil dan kurang menunjukkan sisi menarik dari produk.

- Iklan 2 -> Pada iklan kedua gambar yang ditampilkan sangat mewakili produk dan ditampilkan dalam ukuran yang besar dan menonjol, sehingga dapat menarik calon konsumen.

3. Kelengkapan Informasi 

- Iklan 1 -> Iklan pertama memberikan informasi kurang lengkap karena tidak ada pembuat produk, hanya ada nama produk, keistimewaan produk, dan konsumen yang dituju.

- Iklan 2 -> Informasi pada iklan kedua dengan iklan pertama, tidak ada pembuat produk hanya ada nama produk, keistimewaan produk, dan konsumen yang dituju.

Kesimpulan:

- Kesimpulan dari perbandingan kedua iklan di atas adalah bahwa iklan kedua lebih efektif, karena memiliki tampilan yang sesuai dengan aturan dari iklan yang efektif.

Baik dalam segi penyajian teks, gambar, dan kelengkapan informasi.

Itu dia pembahasan soal tabel 2.8 tentang perbandingan iklan untuk referensi.

---

Sumber: Buku Bahasa Indonesia SMP Kelas VIII Karya Maya Lestari Gusfitri, dkk., Kemdikbud.

Tonton video ini juga, yuk!