Lewat Aplikasi, Sekolah Enuma Tingkatkan Kemampuan Literasi dan Numerasi Anak

By Heni Widiastuti, Jumat, 17 November 2023 | 14:00 WIB
Sekolah Enuma luncurkan riset (adjar.id/Heni)

adjar.id - Pada Kamis (16/11/2023), Sekolah Enuma meluncurkan riset "Penggunaan Sekolah Enuma dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Indonesia".

Adjarian mungkin sudah tidak asing dengan aplikasi belajar yang dapat digunakan di mana pun dan kapan pun.

Nah, salah satunya adalah aplikasi Sekolah Enuma ini yang ternyata juga telah didukung oleh Korea International Cooperation Agency (KOICA), dengan tim pelaksana dari LPPSDM Bina Putera Utama.

Penelitian tersebut menggali efektivitas penggunaan aplikasi digital terhadap peningkatan hasil belajar di tingkat pendidikan anak usia dini (PAUD) dan Sekolah Dasar.

Hasilnya, terdapat kenaikan skor pengguna aplikasi Sekolah Enuma untuk capaian di bidang bahasa Indonesia sebesar 10%, matematika sebesar 8%, dan bahasa Inggris sebesar 7% persen.

Mengembangkan Kemampuan Literasi dan Numerasi

Riset ini diharapkan memberi perspektif baru bagi pemerintah dalam mengembangkan kemampuan literasi dan numerasi anak melalui aplikasi digital.

Di Sekolah Enuma, pengembangan kapasitas dasar ini berfokus ke kemampuan literasi dan numerasi untuk menciptakan transisi pendidikan yang menyenangkan dari tingkat PAUD ke SD. 

Salah satu pembina LPPSDM Bina Putera Utama sekaligus Kepala Pusat Kurikulum dan Pembelajaran Kemendikbudristek, Drs. Zulfikri Anas, M.Ed mengatakan bahwa hal tersebut adalah upaya untuk melakukan transformasi pembelajaran anak.

"Dengan hadirnya Sekolah Enuma, ini salah satu ruang bagi kita untuk memberikan layanan kepada anak yang mereka itu bisa belajar karena mereka senang, cinta, dan menikmati belajarnya," ungkapnya.

"Berdasarkan hasil penelitian yayasan LPPSDM Bina Putera, secara singkat bahwa Sekolah Enuma berdampak positif terhadap kemajuan literasi dan numerasi anak,” lanjut Drs. Zulfikri Anas, M.Ed.

Baca Juga: Merawat Kebinekaan melalui Literasi Digital, Materi PPKn Kelas VIII