Jawab Soal Persoalan 2 tentang Kelipatan dan Faktor, Materi Matematika Kelas V Kurikulum Merdeka

By Nabil Adlani, Rabu, 11 Oktober 2023 | 07:00 WIB
Dalam ilmu matematika dikenal istilah kelipatan dan faktor pada suatu bilangan. (pexels/Yan Krukau)

adjar.id - Dalam ilmu matematika, kelipatan dan faktor adalah dua konsep yang berhubungan dengan perkalian dan pembagian antara bilangan bulat atau angka.

Pada buku Belajar Bersama Temanmu Matematika Vol 1 kelas V Kurikulum Merdeka, terdapat soal Persoalan 2 di halaman 125.

Soal itu ada beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan kelipatan dan faktor.

Kali ini kita akan membahas soal tersebut, Adjarian.

Kelipatan adalah hasil dari perkalian antara dua bilangan atau angka.

Sebuah bilangan atau angka dikatakan merupakan kelipatan dari bilangan atau angka lain jika bilangan tersebut dapat dibagi tanpa sisa oleh bilangan yang lain.

Sementara, faktor adalah bilangan atau angka yang dapat membagi bilangan lain tanpa sisa.

Faktor dari suatu bilangan adalah bilangan-bilangan yang dapat digunakan untuk membagi bilangan tersebut tanpa menghasilkan sisa.

Yuk, simak pembahasan soal Persoalan 2 tentang kelipatan dan faktor berikut ini!

Persoalan 2 tentang Kelipatan dan Faktor

1. Ayo pikirkan bilangan kelipatan 9.

Baca Juga: Jawab Soal Persoalan 1 tentang Kelipatan dan Faktor, Materi Matematika SD Kelas V Kurikulum Merdeka

Soal tentang kelipatan dan faktor. (Tangkapan layar buku Matematika kelas V Kurikulum Merdeka)

a. Berapa sisa ketika kelipatan terbesar dari 0 dikurangi dari 10 dan 100?

Jawaban: 10 dari kelipatan 9 sisa 1

99 kelipatan 9 sisa 1

Soal tentang kelipatan dan faktor. (Tangkapan layar buku Matematika kelas V Kurikulum Merdeka)

b. Apakah 234 adalah kelipatan 9?

Jawaban: Ya

Berapakah sisa ketika kelipatan terbesar dari 9 dikurangi dari 200, 30 dan 4?

Jawaban: 2, 3, dan 4

Berapakah sisa totalnya? Apakah kelipatan dari 9?

Jawaban: 2 + 3 + 4 = 9. Ya, termasuk kelipatan dari 9

Baca Juga: Jawab Soal Latihan tentang Kelipatan dan Faktor, Materi Matematika Kelas V SD Kurikulum Merdeka

c. Jika jumlah digit dari suatu bilangan adalah kelipatan 9, maka bilangan tersebut adalah kelipatan dari 9. Jelaskan alasannya.

Jawaban: Dari gambar tersebut, bilangan yang didapat dengan menjumlahkan 99 x 2 dan 9 x 3 adalah kelipatan 9.

lalu, jika menjumlahkan sisanya, maka akan menghasilkan 9.

Jadi, 234 adalah kelipatan 9.

2. Ayo pikirkan bilangan 1 sampai 100.

a. Berapa banyak bilangan ganjil di sana?

Jawaban: 50 buah.

b. Masalahnya adalah "Jumlah semua bilangan ganjil adalah 2500. Tentukan jumlah semua bilangan genap menggunakan ini."

Rian menjawab pertanyaan tersebut "Saya pikir menambah 50. Jadi jawabannya adalah 2550."

Mengapa dia berpikir menambah 50? Jelaskan alasannya.

Jawaban: Bilangan genap satu lebih besar dibanding bilangan ganjil.

Baca Juga: Jawab Soal Ayo Berlatih Kelipatan Bilangan Cacah, Materi Matematika Kelas IV SD Kurikulum Merdeka

Lalu, masing-masing ada 50 bilangan genap dan 50 bilangan ganjil.

c. Berapakah jumlah ketika menambah semua bilangan dari 1 ke 100? Jelaskan alasannya juga.

Jawaban: 2.500 + 2.550 = 5.050

Jadi, jumlah bilangan genap bisa ditemukan dengan menambah 50 ke jumlah bilangan ganjil.

Nah, itu tadi pembahasan soal Persoalan 2 tentang kelipatan dan faktor yang dapat dijadikan sebagai referensi.

---

Sumber: Buku Belajar Bersama Temanmu Matematika untuk SD Kelas V Vol 1 karya Tim Gokku Tosho.

Yuk, tonton juga video ini!