Jawab Soal Persoalan 2 tentang Pembagian dengan Bilangan Satu Angka, Materi Matematika SD Kelas IV Kurikulum Merdeka

By Nabil Adlani, Jumat, 22 September 2023 | 11:00 WIB
Dalam matematika, terdapat proses perhitungan pembagian untuk membagi suatu bilangan. (pexels/Black ice)

adjar.id - Kali ini kita akan menyimak pembahasan soal buku Belajar Bersama Temanmu Matematika Vol 1 kelas IV Kurikulum Merdeka, Persoalan 2, halaman 58.

Dalam soal tersebut, kita diminta menjawab beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan pembagian dengan bilangan satu angka.

Sistem pembagian dalam matematika adalah proses membagi satu bilangan dengan bilangan lain untuk mendapatkan hasil atau hasil bagi.

Pembagian adalah salah satu operasi dasar dalam aritmetika dan sering digunakan dalam berbagai situasi dalam matematika dan kehidupan sehari-hari.

O iya, pembagian dapat digunakan dalam berbagai konteks, seperti pemecahan masalah matematika, pemodelan situasi nyata, penghitungan rata-rata, dan banyak lagi.

Yuk, simak pembahasan soal Persoalan 2 tentang pembagian dengan bilangan satu angka berikut untuk referensi!

Persoalan 2 tentang Pembagian dengan Bilangan Satu Angka

1. Bacalah soal berikut dan jawab pertanyaan 1 dan 2.

A. Kamu memakai 8 pita sepanjang 160 cm. Berapa cm pita yang di perlukan?

B. Kamu membagikan kertas pada teman-temanmu. Kamu membagikan 160 kertas, dan masih ada sisa 8 lembar. Berapa lembar kertas yang kamu miliki sebelumnya?

C. Kamu memiliki 160 permen. Jika kamu memberikan 8 permen pada masing masing anak, berapa orang yang bisa menerima permen?

Baca Juga: Jawab Soal Latihan tentang Pembagian dengan Bilangan Satu Angka, Materi Matematika Kelas IV SD Kurikulum Merdeka