adjar.id - Teks prosedur merupakan salah satu bentuk penulisan teks.
Pada buku Bahasa Indonesia Tingkat Lanjut: Cakap Berbahasa dan Bersastra Indonesia kelas XI Kurikulum Merdeka, terdapat soal Kegiatan 2 di halaman 79 bab 3.
Dalam soal Kegiatan 2, ada beberapa pertanyaan tentang mengevaluasi gagasan dan pandangan dalam dua teks prosedur, yaitu "Cara Membuat Es Krim Vanilla" dan "Cara Membuat Es Krim".
Kali ini kita akan membahas soal tersebut. Pembahasan soal ini dapat dijadikan sebagai referensi, Adjarian.
Teks prosedur adalah jenis teks yang berisikan tahapan atau langkah untuk melakukan sesuatu.
Biasanya teks prosedur menjelaskan tentang cara mengerjakan atau membuat sesuatu dengan langkah atau cara tertentu yang ditulis dengan terstruktur.
Nah, teks prosedur biasanya digunakan dalam berbagai konteks, termasuk dalam manual pengguna, buku panduan, petunjuk pemakaian, resep masakan, dan lainnya.
Tujuannya untuk memastikan bahwa suatu tindakan atau proses dapat dilakukan dengan benar dan efisien oleh individu.
Berikut pembahasan soal Kegiatan 2 mengevaluasi gagasan dan pandangan dalam teks prosedur.
Kegiatan 2 Mengevaluasi Gagasan dan Pandangan dalam Teks Prosedur
1. Apakah gagasan yang ada pada Teks 1 dan Teks 2 ini autentik, relevan dengan konteks saat ini, mudah diaplikasikan, murah meriah, atau menjadi solusi permasalahan yang ada?
Jawaban: Ya, gagasan pada Teks 1 dan Teks 2 sudah autentik, relevan dengan konteks saat ini.
Sehingga mudah diaplikasikan, murah meriah, atau menjadi solusi permasalahan yang ada.
2. Sudahkah Teks 1 dan Teks 2 memuat secara spesifik cara atau langkah-langkah sesuai gagasan untuk diterapkan? Apakah mudah atau sulit untuk diterapkan?
Jawaban: Ya, Teks 1 dan Teks 2 sudah memuat secara spesifik cara atau langkah-langkah sesuai gagasan untuk diterapkan.
Hal ini menyebabkan teks prosedur lebih mudah untuk diterapkan.
3. Apakah gagasan Teks 1 dan Teks 2 sudah tepat sehingga dapat dijadikan pedoman oleh siapa pun yang membutuhkannya?
Jawaban: Ya, gagasan Teks 1 dan Teks 2 sudah tepat sehingga dapat dijadikan sebagai pedoman oleh siapapun yang membutuhkannya.
4. Berdasarkan kedua teks tersebut, manakah gagasan yang lebih autentik, relevan dengan konteks saat ini, mudah diaplikasikan, murah meriah, atau menjadi solusi permasalahan yang ada?
Jawaban: Teks 2 lebih mudah untuk diaplikasikan karena lebih luas sehingga pembaca lebih mudah untuk mengkreasikannya.
5. Berdasarkan kedua teks tersebut, manakah pandangan yang lebih menarik dan bermanfaat untuk publik atau dapat diterapkan dalam skala yang lebih luas?
Jawaban: Pandangan yang lebih menarik dan bermanfaat untuk publik adalah Teks 1.
Baca Juga: Bagaimana Cara Membuat Teks Prosedur? Ini 4 Langkah yang Diperlukan
Selain itu, Teks 1 juga lebih mudah diterapkan untuk skala yang lebih luas.
6. Apakah pandangan yang ada pada Teks 1 dan Teks 2 ini autentik, relevan dengan konteks saat ini, dan logis?
Jawaban: Ya, pandangan yang ada pada Teks 1 dan Teks 2 ini autentik, relevan dengan konteks saat ini, dan logis.
7. Apakah pandangan yang ada pada Teks 1 dan Teks 2 ini berpihak pada golongan atau kelompok tertentu?
Apakah pandangan ini bermanfaat untuk publik atau dapat diterapkan dalam skala yang lebih luas?
Jawaban: Teks 1 dan Teks 2 tidak berpihak pada golongan atau kelompok tertentu.
Kedua teks tersebut bermanfaat untuk publik atau bisa diterapkan untuk skala luas.
Itu tadi pembahasan soal Kegiatan 2 mengevaluasi gagasan dan pandangan dalam teks prosedur.
---
Sumber: Buku Bahasa Indonesia Tingkat Lanjut: Cakap Berbahasa dan Bersastra Indonesia untuk SMA Kelas XI Karya Rahmah Purwahida dan Maman, Kemdikbudristek Tahun 2021.