Jawab Soal Latihan Teks Prosedur mengenai Cara Membuat Lubang Biopori, Materi Bahasa Indonesia Kelas XI Kurikulum Merdeka

By Nabil Adlani, Selasa, 19 September 2023 | 09:05 WIB
Teks prosedur dapat memudahkan seseorang melakukan sesuatu. (Tangkapan layar buku Bahasa Indonesia kelas XI Kurikulum Merdeka)

adjar.id - Dalam buku Bahasa Indonesia Tingkat Lanjut: Cakap Berbahasa dan Bersastra Indonesia kelas XI Kurikulum Merdeka, terdapat soal Latihan di halaman 69.

Dalam soal tersebut, kita diminta menjawab beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan teks prosedur mengenai cara membuat lubang biopori.

Kali ini kita membahas soal tersebut, Adjarian.

Teks prosedur adalah jenis teks yang digunakan untuk menjelaskan langkah-langkah atau tahapan tertentu yang harus diikuti.

Adanya teks prosedur dapat membuat seseorang lebih mudah dalam melakukan suatu tindakan atau pekerjaan secara sistematis.

Teks ini bertujuan untuk memberikan petunjuk yang jelas dan terinci kepada pembaca.

Sehingga mereka dapat menyelesaikan tugas atau aktivitas dengan benar dan efisien.

O iya, teks prosedur sering digunakan dalam berbagai konteks, seperti manual pengguna, panduan kerja, resep masakan, petunjuk perakitan, dan banyak lagi.

Yuk, simak pembahasan soal Latihan teks prosedur mengenai cara membuat lubang biopori berikut ini!

Latihan Teks Prosedur mengenai Cara Membuat Lubang Biopori

1. Apakah gagasan yang ada pada Teks 1 dan Teks 2 ini autentik, relevan dengan konteks saat ini, mudah diaplikasikan, murah meriah, atau menjadi solusi permasalahan yang ada?

Baca Juga: Bagaimana Cara Membuat Teks Prosedur? Ini 4 Langkah yang Diperlukan