Jawab Soal Bahasa Inggris Task 5, Part B Graffiti, Kelas X Kurikulum Merdeka, Chapter 5

By Mumtahanah Kurniawati, Kamis, 14 September 2023 | 16:20 WIB
Pada buku Bahasa Inggris Kelas X Chapter 5, Task 5, halaman 117, terdapat soal Part B. (Freepik)

adjar.id - Chapter 5 pada buku Bahasa Inggris: Work in Progress kelas X membahas tentang "Graffiti".

Nah, kali ini kita akan membahas bersama soal Task 5, Part B yang terdapat di halaman 117, Adjarian.

Pada soal tersebut kita ditugaskan membaca dengan saksama postingan Hanif dan Sofia di media sosial tentang grafiti di halaman 116, Part A.

Nah, setelah membaca kemudian kita diminta untuk menjawab beberapa pertanyaan yang telah disediakan.

Yuk, kita simak pembahasan soal tersebut di bawah ini untuk referensi!

Task 5, Part B

1. Why do you think they write the posts?

Menurutmu mengapa mereka menulis postingan tersebut?

Answer: They wrote the post to express their opinion on the issue of graffiti.

Mereka menulis postingan tersebut untuk mengutarakan pendapatnya mengenai isu grafiti.

2. Which writer do you agree with? Explain your answer. Refer to what is written on the posts.

Baca Juga: Jawab Soal Bahasa Inggris Task 3, Part B Graffiti, Kelas X Kurikulum Merdeka, Chapter 5

Penulis mana yang kamu setujui? Jelaskan jawaban kamu. Rujuklah pada apa yang tertulis di postingan tersebut.

Untuk menjawab soal ini kita perlu menggunakan pendapat kita masing-masing. Berikut adalah masing-masing jawaban jika kita menyetujui postingan Hanif atau Sofia.

Answer: 

- Hanif: I agree more with Hanif's post because graffiti is often painted on the walls of other people's buildings without permission and the method of making graffiti can damage the ozone layer.

Saya lebih setuju dengan postingan Hanif karena grafiti sering kali dilukis di dinding bangunan orang lain tanpa izin dan cara pembuatan grafiti dapat merusak lapisan ozon.

- Sofia: I agree more with Sofia's post, because if done in the right way, graffiti can be used, besides graffiti is also beautiful art.

Saya lebih setuju dengan postingan Sofia, karena jika dilakukan dengan cara yang benar maka grafiti bisa digunakan, selain itu grafiti juga merupakan seni yang indah.

3. How would you feel if somebody painted graffiti on your property?

Bagaimana perasaanmu jika seseorang melukis grafiti di propertimu?

Untuk menjawab soal ini kita perlu menggunakan pendapat kita masing-masing. Berikut jika kita merasa tidak suka dan memilih bersikap bijak.

Answer: I will remove the graffiti and put up a notice saying "no graffiti on the walls" so that it does not happen again.

Baca Juga: Jawab Soal Bahasa Inggris Task 3, Part C Healthy Foods, Kelas X Kurikulum Merdeka, Chapter 4

Saya akan menghapus coretan tersebut dan memasang pemberitahuan yang bertuliskan "dilarang membuat coretan di dinding" agar hal tersebut tidak terjadi lagi.

4.  Who owns the graffiti? If somebody paints on your property, can you legally claim the artwork as your own?

Siapa pemilik grafiti tersebut? Jika seseorang melukis di propertimu, dapatkah kamu mengklaim karya seni tersebut sebagai milikmu secara hukum?

Answer: Technically, it wasn't me because I didn't draw the graffiti, I couldn't because that would be considered lying to the public.

Teknisnya bukan saya karena saya tidak menggambar grafitinya, saya tidak bisa karena dianggap berbohong kepada publik.

5. In your opinion, what would the world be like without graffiti?

Menurut kamu, bagaimana jadinya dunia tanpa grafiti?

Berikut jawaban jika kita berpendapat dunia akan tetap baik-baik saja tanpa grafiti.

Answer: If there was no graffiti in the world, the world would still be fine, because there would still be other arts, like painting, murals, etc.

Seandainya tidak ada grafiti di dunia, dunia akan tetap baik-baik saja, karena masih ada seni lain, seperti lukisan, mural, dan lain-lain.

Nah, itulah pembahasan soal Task 5, Part B bahasa Inggris kelas X.

Baca Juga: Jawab Soal Bahasa Inggris Task 3 Part B Healthy Foods, Kelas X Kurikulum Merdeka, Chapter 4

---

Sumber: Buku Bahasa Inggris Work in Progress SMA/SMK/MA Kelas X Karya Budi Hermawan, dkk., Kemdikbud.

Tonton video ini juga, yuk!