Jawab Soal Pertanyaan Esensial Topik B: Benarkah Energi akan Habis? Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial Kelas VI Kurikulum Merdeka

By Mumtahanah Kurniawati, Rabu, 6 September 2023 | 12:00 WIB
Pada buku Ilmu Pengatahuan Alam dan Sosial Kelas VI Kurikulum Merdeka Bab 6, terdapat soal pertanyaan esensial topik b. (Freepik)

adjar.id - Pada buku Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial Kurikulum Merdeka kelas VI, bab 6, halaman 148, terdapat soal yang perlu kita kerjakan, Adjarian.

Soal tersebut adalah soal pertanyaan esensial Topik B: Benarkah Energi akan Habis?

Kita ditugaskan untuk menjawab beberapa pertanyaan terkait materi energi di bumi yang dapat kita pelajari pada bab 6.

Energi sangat dibutuhkan untuk membantu manusia dalam aktivitas sehari-hari, mulai dari bangun tidur, mandi, belajar, bermain, bekerja, dan lain sebagainya.

Nah, di bawah ini adalah pembahasan soal tersebut yang dapat dijadikan sebagai referensi.

Kita simak bersama, yuk!

Pertanyaan Esensial Topik B: Benarkah Energi akan Habis?

1. Apakah suatu saat energi dapat habis?

Jawab: Energi ada yang suatu saat tidak dapat habis dan ada yang suatu saat dapat habis.

Energi yang tidak dapat habis merupakan energi terbarukan yang berasal dari alam dan memiliki proses berkelanjutan, seperti matahari, angin, air, dan panas bumi.

Sedangkan energi yang dapat habis adalah energi yang tidak dapat terbarukan karena sumber energi ini tidak dapat dibuat kembali oleh alam dalam jangka waktu yang singkat.

Seperti bahan bakar fosil yang digunakan untuk membuat energi listik, yang berasal dari tanaman dan hewan yang telah mati, kemudian membusuk dan tertimbun oleh material selama jutaan tahun.

Baca Juga: Jawab Soal Pertanyaan Esensial Topik A: Apa Jadinya Jika Tidak Ada Energi? Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial Kelas VI Kurikulum Merdeka