Jawab Soal Uji Kompetensi tentang Pergerakan Zat melalui Membran Sel, Materi Biologi Kelas XI Kurikulum Merdeka

By Nabil Adlani, Jumat, 1 September 2023 | 11:30 WIB
Transportasi zat dilakukan melalui membran sel dengan metode transpor aktif dan pasif. (freepik)

adjar.id - Dalam buku Biologi kelas XI Kurikulum Merdeka, terdapat soal Uji Kompetensi di halaman 53.

Pada soal itu, kita diminta menjawab beberapa pertanyaan terkait pergerakan zat melalui membran sel.

Nah, kali ini kita akan membahas soal tersebut, Adjarian.

Pergerakan zat dapat dilakukan melalui membran sel.

Membran sel sendiri memiliki sifat selektif yang fungsinya untuk mentransfer zat dari dan ke luar sel.

Fungsi ini biasanya disebut dengan transportasi sel.

Menurut penggunaan energinya, transportasi zat pada sel terbagi menjadi transpor aktif dan transpor pasif.

Sekarang, yuk, kita simak pembahasan soal Uji Kompetensi tentang pergerakan zat melalui membran sel berikut untuk referensi!

Uji Kompetensi tentang Pergerakan Zat melalui Membran Sel

Gambaran proses memproduksi air minum dari air laut. (Tangkapan layar buku Biologi kelas XI Kurikulum Merdeka)

Perhatikan gambar di atas! salah satu cara memproduksi air minum dari air laut adalah dengan cara menerapkan prinsip osmosis terbalik.

Baca Juga: Jawab Soal Aktivitas 2.15 Bagian 2 Proses Transpor Aktif Zat, Materi Biologi Kelas XI Kurikulum Merdeka

Osmosis terbalik merupakan salah satu tipe filtrasi. Air laut didorong masuk melalui membran semipermeabel dengan pemberian tekanan oleh alat pompa (pumping station).

1. Berdasarkan analisismu mengenai proses filtrasi yang tertera pada gambar di atas, di bagian mana terdapat garam dengan konsentrasi tertinggi? Jelaskan mengapa hal tersebut dapat terjadi!

Jawaban: Terdapat pada membran bagian atas.

Hal tersebut terjadi karena molekul air dipompa masuk melewati membran semipermeabel.

Sehingga pada bagian tersebut hanya tersisa garam dengan konsentrasi yang tinggi, bahkan lebih tinggi jika dibandingkan dengan yang ada di laut.

2. Mengapa proses pembuatan air minum yang berasal dari air laut menggunakan prinsip osmosis terbalik, bukan dengan menggunakan jenis transportasi lainnya (osmosis biasa, difusi, dan transpor aktif)?

Jawaban: Penggunaan proses osmosis terbalik dilakukan agar air yang didapat melalui proses filtrasi adalah air yang murni.

Penerapan osmosis ini biasanya tidak dapat menghasilkan air yang murni.

Akan tetapi, menghasilkan air yang disertai oleh garam karena tidak ada membran yang memisahkan air dengan garam.

3. Bagaimana peran alat pompa pada proses tersebut?

Jawaban: Peran alat pompa pada proses tersebut adalah untuk mendorong air masuk melewati membran semipermeabel melawan gradien konsentrasi.

Baca Juga: Jawab Soal Tabel 2.2 Perbandingan Sel Tumbuhan dan Sel Hewan, Materi Biologi Kelas XI Kurikulum Merdeka

Sebab, proses yang dilakukan ialah menerapkan prinsip osmosis terbalik.

Jika tidak ada pompa yang memaksa air untuk masuk, maka proses filtrasi air tidak akan bisa terjadi.

4. Sudah 2 hari suhu tubuh Andi meningkat hingga Suhu tubuhnya mencapai 39oC.

Andi juga sering memuntahkan makanan yang ia makan dan buang air besar secara terus-menerus. Hal ini berdampak pada tubuh Andi yang terasa lemas.

Oleh karena itu, Ibu Andi membawa Andi ke rumah sakit. Setibanya di rumah sakit, Andi langsung diinfus agar tubuh Andi tidak kekurangan cairan dan zat-zat yang dibutuhkan.

Menurutmu, seperti apa kondisi cairan yang dimasukkan ke dalam tubuh Andi (hipotonis/ isotonis/ hipertonis) terhadap darah Andi? Jelaskan mengapa demikian?

Jawaban: Sifat rarutan infus yang dimasukkan ke dalam tubuh Andi adalah isotonis.

Hal ini dilakukan agar menghindari terjadinya perpindahan cairan dari dalam sel tubuh Andi ke luar sel ataupun sebaliknya.

5. Perhatikan gambar di bawah ini!

Penelitian mengukur konsentrasi zat terlarut. (Tangkapan layar buku Biologi kelas XI Kurikulum Merdeka)

Seorang siswa melakukan penelitian untuk mengukur konsentrasi suatu zat terlarut di bagian intraseluler dan ekstraseluler selama beberapa waktu. Datanya ditampilkan dalam gambar di atas.

Baca Juga: Jawab Soal Aktivitas 2.6 Representasi Proses Osmosis, Materi Biologi Kelas XI Kurikulum Merdeka

Menurut siswa tersebut, gambar itu merupakan hasil aktivitas transpor aktif. Menurut kalian, apakah pendapat siswa tersebut benar? Jelaskan alasannya!

Jawaban: Ya, jawaban dari peserta didik tersebut benar, grafik tersebut adalah gambaran dari aktivitas transpor aktif.

Hal ini terlihat dengan adanya kegiatan perpindahan molekul yang melawan gradien konsentrasi.

Gradien konsentrasi ditunjukkan dengan lebih rendahnya konsentrasi molekul di dalam sel dibandingkan konsentrasi di luar sel.

6. Perhatikan gambar di bawah ini!

Eksperemen sel bakteri mengambil laktosa. (Tangkapan layar buku Biologi kelas XI Kurikulum Merdeka)

Kalian melakukan eksperimen di laboratorium untuk menentukan sel bakteri mengambil laktosa menggunakan transpor aktif, difusi terfasilitasi, atau keduanya.

Kalian menambahkan hambatan ATP ke dalam kultur dan mengukur rasio laktosa di dalam sel vs di luar sel dari waktu ke waktu.

Bacalah pernyataan-pernyataan berikut ini dan tentukan apakah pernyataan tersebut benar atau salah dengan memberi centang pada kolom!

- Pernyataan: Jenis transportasi yang digambarkan grafik adalah transpor aktif dan difusi terfasilitasi.

Jawaban: Salah

Baca Juga: Jawab Soal Uji Kompetensi tentang Sel, Materi Biologi Kelas XI Kurikulum Merdeka

- Pernyataan: Pada awal reaksi, konsentrasi laktosa di dalam sel lebih rendah dibandingkan di luar sel.

Jawaban: Benar

- Pernyataan: Inhibitor tidak memberikan pengaruh apapun terhadap laju transpor.

Jawaban: Salah

- Pernyataan: Seiring berjalannya waktu, konsentrasi laktosa di dalam sel lebih tinggi dibandingkan di luar sel.

Jawaban: Benar

- Pernyataan: Laju transpor lebih cepat saat tidak ada inhibitor.

Jawaban: Benar

Demikianlah pembahasan soal Uji Kompetensi tentang pergerakan zat melalui membran sel.

---

Sumber: Buku Biologi untuk SMA/MA Kelas XI karya Rini Solihat, dkk., Kemdikbudristek Tahun 2022.