adjar.id - Manajemen pemasaran merupakan salah satu jenis bidang manajemen.
Manajemen pemasaran umumnya berkaitan dengan pengenalan produk atau jasa kepada konsumen, Adjarian.
Tugas dari manajemen pemasaran adalah untuk mengukur dan menganalisis strategi proses pemasaran suatu perusahaan.
Manajemen pemasaran berperan dalam mengoordinasikan berbagai elemen pemasaran, seperti penetapan harga, promosi, distribusi, dan pengembangan produk.
Nah, manajemen pemasaran adalah proses perencanaan, pelaksanaan, pengendalian, dan pengawasan dari semua aktivitas yang terkait dengan pemasaran produk atau jasa.
Manajemen pemasaran diartikan juga sebagai usaha untuk merencanakan, mengarahkan, mengawasi, dan menerapkan kegiatan pemasaran dalam perusahaan.
O iya, manajemen pemasaran memiliki beberapa konsep.
Yuk, simak pembahasannya!
"Tujuan akhir dari manajemen pemasaran adalah untuk mencapai pertumbuhan penjualan, keuntungan, dan kepuasan pelanggan yang berkelanjutan."
Konsep Manajemen Pemasaran
Menurut Kottler, konsep manajemen pemasaran terbagi menjadi lima bentuk, yaitu:
1. Konsep Produksi
Konsep produksi adalah konsep yang menjelaskan bahwa konsumen akan menyukai produk yang tersedia dan harganya terjangkau.
Baca Juga: Mengenal Fungsi Manajemen Pemasaran