Jawab Soal Kegiatan 2 Menganalisis Vlog, Materi Bahasa Indonesia Kelas XI Kurikulum Merdeka

By Nabil Adlani, Selasa, 22 Agustus 2023 | 07:00 WIB
Vlog merupakan konten digital yang menyampaikan informasi, cerita, dan lainnya. (unsplash/Jorge Rosal)

adjar.id - Di dunia yang modern seperti saat ini, sarana menyampaikan informasi dari teks berita sangat beragam, salah satunya melalui vlog.

Vlog merupakan singkatan dari video blog, yaitu blog yang berupa video.

Pada buku Cerdas Cergas Berbahasa dan Bersastra Indonesia, terdapat soal Kegiatan 2 di halaman 46.

Dalam soal tersebut kita diminta untuk menganalisis vlog berjudul "Untuk Bertahan di Tengah Pandemi, Perajin Mebel Ubah Haluan Jadi Produksi Mainan Edukasi" melalui beberapa pertanyaan.

Nah, artikel ini akan membahas soal tersebut, Adjarian.

Vlog adalah bentuk konten digital berupa video yang dibuat oleh individu atau kelompok untuk berbagi informasi, pengalaman, cerita, atau pendapat mereka.

Konten vlog sering kali merekam aktivitas sehari-hari, perjalanan, pandangan, atau topik tertentu yang menarik bagi penonton.

Secara umum, vlog mirip dengan blog tradisional, lo.

Perbedaannya adalah dari bentuk penyajiannya, di mana vlog menggunakan video sebagai media utama daripada teks tertulis.

Pembuat vlog atau vlogger biasanya menggunakan kamera atau ponsel untuk merekam momen atau peristiwa.

Yuk, sekarang kita simak pembahasan soal Kegiatan 2 menganalisis vlog berikut!

Baca Juga: Jawab Soal Kegiatan 3 Menjawab Pertanyaan Berita Berdasarkan Video, Materi Bahasa Indonesia Kelas XI Kurikulum Merdeka

Kegiatan 2 Menganalisis Vlog

Berdasarkan tayangan video "Untuk Bertahan di Tengah Pandemi, Perajin Mebel Ubah Haluan Jadi Produksi Mainan Edukasi", jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut.

1. Apakah produk yang kini digeluti perajin pada vlog di atas?

Jawaban: Mainan edukasi anak yang terbuat dari kayu khusus bagi sekolah Montessori.

2. Mengapa produk baru ini dipilih oleh perajin? Jelaskan keterkaitannya dengan ciri teks berita kepentingan masyarakat.

Jawaban: Produk baru ini dipilih oleh perajin karena produk tersebut mendapatkan sambutan positif.

Sehingga, pesanan dari sekolah-sekolah Montessori meningkat, baik sekolah dalam negeri maupun luar negeri, seperti Singapura.

Hal ini juga memberikan dampak positif bagi kepentingan masyarakat karena roda perekonomian mulai berputar.

Dampaknya, penghasilan perajin dan penyedia bahan baku kayu akan meningkat.

3. Di manakah tempat kerajinan ini diproduksi? Sebutkan salah satu tujuan pengiriman produk tersebut.

Jelaskan keterkaitan dengan ciri teks berita kedekatan lokasi.

Baca Juga: Jawab Soal Kegiatan 2 Mendiskusikan Teks Berita, Materi Bahasa Indonesia Kelas XI Kurikulum Merdeka

Jawaban: Tempat kerajinan ini berada di Malang, Jawa Timur dengan tujuan pengiriman ke negara Singapura.

Keterkaitan dengan ciri teks berita kedekatan lokasi adalah menceritakan keberhasilan perajin di Malang yang terletak di Indonesia.

Sehingga menyebabkan teks ini menarik bagi para penduduk Indonesia.

4. Mengapa produk baru ini lebih menarik? Jelaskan keterkaitannya dengan ekspresi emosional (human interest).

Jawaban: Produk baru ini lebih menarik karena memiliki nilai tambah di dunia pendidikan, khususnya sekolah-sekolah Montessori.

Semangat perajin untuk beralih membuat alat-alat permainan yang berbahan dasar kayu merupakan salah satu ekspresi emosional yang menarik simpati para pembaca.

5. Apakah yang diharapkan oleh pembuat vlog kepada kita saat memirsa dan menyimak vlog tersebut?

Jawaban: Harapan dari pembuat vlog adalah untuk memotivasi para penonton vlog agar tidak pantang menyerah dan selalu gigih dalam menghadapi berbagai keadaan.

Nah, itulah pembahasan soal Kegiatan 2 menganalisis vlog berjudul "Untuk Bertahan di Tengah Pandemi, Perajin Mebel Ubah Haluan Jadi Produksi Mainan Edukasiuntuk referensi.

---

Sumber: Buku Cerdas Cergas Berbahasa dan Bersastra Indonesia untuk SMA/SMK Kelas XI karya Heny Marwati dan K. Waskitaningtyas.