Jawab Soal Ayo Berlatih Penjumlahan Bilangan Cacah Nomor 3 sampai 5, Materi Matematika Kelas IV SD Kurikulum Merdeka

By Nabil Adlani, Senin, 7 Agustus 2023 | 07:30 WIB
Penjumlahan bilangan cacah dilakukan dengan menjumlah bilangan sesuai nilai tempatnya. (unsplash/Antoine Dautry)

adjar.id - Dalam buku Matematika kelas IV Kurikulum Merdeka, terdapat soal Ayo Berlatih di halaman 32.

Pada soal tersebut, kita diminta menjawab beberapa pertanyaan tentang penjumlahan bilangan cacah.

Maka dari itu, kali ini kita akan membahas soal tersebut untuk nomor 3 sampai 5, Adjarian.

Proses penjumlahan bilangan cacah dapat dilakukan dengan memerhatikan nilai angka dan nilai tempat bilangan.

Misalnya bilangan 256 mempunyai nilai tempat, 2 sebagai nilai tempat ratusan, 5 sebagai nilai tempat puluhan, dan 6 sebagai nilai tempat satuan.

Jadi, penjumlahan dilakukan berdasarkan nilai tempat yang sama pada masing-masing bilangan.

Yuk, simak pembahasan soal Ayo Berlatih penjumlahan bilangan cacah berikut ini!

Ayo Berlatih Penjumlahan Bilangan Cacah

3. Gunakan cara yang menurut kalian mudah untuk menyelesaikan operasi penjumlahan berikut!

a. 333 + 519 = ...

Jawaban: 852

Baca Juga: Jawab Soal Ayo Berlatih Penjumlahan Bilangan Cacah Nomor 1 dan 2, Materi SD Kelas IV Kurikulum Merdeka

b. 429 + 19 = ...

Jawaban: 448

c. 821 + 98 = ...

Jawaban: 919

d. 700 + 139 = ...

Jawaban: 839

e. 621 + 37 + 128 = ...

Jawaban: 786

4. Tariklah garis dengan jawaban yang sesuai!

a. 629 + 123 =

Jawaban: e. 752

Baca Juga: Jawab Soal Ayo Berlatih tentang Nilai Tempat Bilangan Cacah, Materi Matematika SD Kelas IV Kurikulum Merdeka

b. 377 + 330 + 29 =

Jawaban: b. 736

c. 423 + 390 =

Jawaban: a. 813

d. 39 + 821 =

Jawaban: c. 860

e. 690 + 56 + 218 =

Jawaban: d. 964

5. a. Seorang petani kelapa sawit mempunyai beberapa kebun.

Kebun A menghasilkan 328 buah, kebun B menghasilkan 579 buah.

Berapakah jumlah kelapa sawit yang dihasilkan dari kebun A dan kebun B?

Baca Juga: Jawab Soal Ayo Berlatih tentang Membaca Bilangan Cacah, Materi Matematika Kelas IV SD Kurikulum Merdeka

Jawaban: Jumlah kelapa sawit dari kebun A dan kebun B adalah 328 + 579 = 907 buah.

b. Pak Rahmad memiliki 117 ikan lele, Pak Sudi memiliki 105 ikan lele dan Pak Jaya memiliki 242 ikan lele.

Semua ikan lele dipanen dari kolam dan kemudian akan dijual ke pasar.

Berapa keseluruhan ikan lele yang akan dijual ke pasar?

Jawaban: Jumlah keseluruhan ikan lele yang dijual ke pasar adalah 117 + 105 + 242 = 464 ikan lele.

c. SD Pelangi mengirimkan 121 siswa mengikuti lomba matematika, 29 siswa mengikuti lomba bahasa inggris dan 98 siswa mengikuti lomba sains.

Berapa keseluruhan siswa SD Pelangi yang mengikuti lomba?

Jawaban: Jumlah keseluruhan siswa SD Pelangi yang mengikuti lomba adalah 121 + 29 + 98 = 248 siswa.

d. Helen mempunyai 111 stiker gambar kartun, 77 stiker gambar bunga dan 89 stiker boneka.

Berapa jumlah stiker Helen seluruhnya?

Jawaban: Jumlah keseluruhan stiker Helen adalah 111 + 77 + 89 = 277 stiker.

Baca Juga: 5 Sifat Bilangan Cacah, Materi Matematika Kelas 4 SD Kurikulum Merdeka

Nah, itulah Adjarian, pembahasan soal Ayo Berlatih penjumlahan bilangan cacah untuk nomor 3 sampai 5 yang bisa menjadi referensi.

---

Sumber: Buku Matematika untuk SD/MI Kelas IV karya Hobri, dkk.

Tonton video ini, yuk!