Perbedaan Perlawanan Bangsa Indonesia terhadap Bangsa Eropa dan Jepang, Materi Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial Kelas VI Kurikulum Merdeka

By Mumtahanah Kurniawati, Minggu, 6 Agustus 2023 | 13:30 WIB
Perlawanan bangsa Indonesia terhadap Jepang berhasil membuat Indonesia merdeka. (Dok. Kemdikbud)

adjar.id - Sebelum mengalami penjajahan Jepang, masyarakat Indonesia terlebih dahulu mengalami penjajahan oleh bangsa-bangsa Eropa.

Bangsa Indonesia telah melakukan banyak perlawanan terhadap bangsa Eropa dan Jepang agar terbebas dari penjajahan.

Rentang waktu yang sangat lama dari periode penjajahan bangsa Eropa ke periode penjajahan Jepang membuat adanya perbedaan pada pola dalam perlawanan bangsa Indonesia, Adjarian.

Pada mulanya, perlawanan yang dilakukan bangsa Indonesia masih bersifat kedaerahan hingga muncul organisasi-organisasi yang menjunjung persatuan dan kesatuan Indonesia.

Nah, perbedaan perlawanan bangsa Indonesia terhadap bangsa Eropa dan Jepang dapat dilihat berdasarkan tiga kategori, yaitu sifat perjuangan, bentuk perjuangan, dan hasil perjuangan.

Berikut penjelasan selengkapnya mengenai perbedaan perlawanan bangsa Indonesia terhadap bangsa Eropa dan Jepang.

"Indonesia memiliki perbedaan pola perlawanan terhadap penjajahan bangsa Eropa dan Jepang yang diawali dengan sifat kedaerahan hingga muncul organisasi persatuan."

Perbedaan Perlawanan Bangsa Indonesia terhadap Bangsa Eropa dan Jepang

1. Bentuk Perjuangan

Sifat perjuangan bangsa Indonesia terhadap penjajahan bangsa Eropa masih bersifat kedaerahan memperjuangkan daerah masing-masing dan belum sepenuhnya bersatu.

Sedangkan, saat penjajahan Jepang, bangsa Indonesia sudah menanamkan konsep persatuan dan kesatuan dalam melakukan perlawanan.

2. Bentuk Pejuangan

Baca Juga: Strategi Bangsa Indonesia Menghadapi Penjajahan Jepang, Materi Sejarah Kelas 11 Kurikulum Merdeka