Jawab Soal Ayo Berlatih tentang Nilai Tempat Bilangan Cacah, Materi Matematika SD Kelas IV Kurikulum Merdeka

By Nabil Adlani, Senin, 31 Juli 2023 | 12:30 WIB
Nilai tempat bilangan cacah dimulai dari satuan, puluhan, ratusan, dan seterusnya. (pexels)

adjar.id - Bilangan cacah memiliki nilai tempat.

Beberapa angka yang tergabung di dalam suatu bilangan memiliki nilai tempatnya masing-masing.

Dalam buku Matematika kelas IV SD Kurikulum Merdeka, terdapat soal Ayo Berlatih di halaman 14.

Pada soal tersebut, kita diminta untuk menjawab beberapa pertanyaan tentang nilai tempat bilangan cacah.

Nah, kali ini kita akan membahas soal tersebut yang bisa menjadi referensi, Adjarian.

Nilai tempat bilangan adalah nilai dari suatu tempat bilangan tertentu yang biasanya dimulai dari sebelah kanan.

Nilai tersebut dimulai dari satuan, puluhan, ratusan, ribuan, dan seterusnya.

Nilai tempat dimulai dari satuan sebab nilai bilangan yang paling kecil, yaitu satuan, 1 sampai 9.

Nah, yuk, simak pembahasan soal Ayo Berlatih tentang nilai tempat bilangan cacah berikut ini!

Ayo Berlatih tentang Nilai Tempat Bilangan Cacah

1. Tuliskan bilangan yang terdiri dari 4 angka dan letakkan setiap angka sesuai nilai tempatnya.

Baca Juga: Jawab Soal Ayo Berlatih tentang Membaca Bilangan Cacah, Materi Matematika Kelas IV SD Kurikulum Merdeka

Jawaban:

- 7.812 = 7 ribuan, 8 ratusan, 1 puluhan, dan 2 satuan.

- 4.915 = 4 ribuan, 9 ratusan, 1 puluhan, dan 5 satuan.

- 5.621 = 5 ribuan, 6 ratusan, 2 puluhan, dan 1 satuan.

2. Tulis nilai tempat dari angka 6 dari bilangan berikut.

Jawaban:

- 8.463, angka 6 menempati nilai tempat puluhan.

- 4.675, angka 6 menempati nilai tempat ratusan.

- 6.789, angka 6 menempati nilai tempat ribuan.

- 1.236, angka 6 menempati nilai tempat satuan.

3. Azizah membantu Ibu menjual kue buatan Ibu ke temannya.

Baca Juga: Jawab Soal Ayo Berlatih tentang Dekomposisi Bilangan Cacah, Materi Matematika Kelas IV SD Kurikulum Merdeka

Slamet membeli kue seharga Rp 7.350,00. Slamet mempunyai pecahan uang Rp 9.500,00 di saku bajunya.

Slamet membayar kue tersebut dan mendapatkan sisa uangnya sebesar Rp 2.150,00.

a. Tentukan nilai tempat dari 7.350

b. Tentukan nilai tempat dari 9.500

c. Tentukan nilai tempat dari 2.150

Jawaban:

a. 7.350 = 7 ribuan, 3 ratusan, 5 puluhan, 0 satuan.

b. 9.500 = 9 ribuan, 5 ratusan, 0 puluhan, 0 satuan.

c. 2.150 = 2 ribuan, 1 ratusan, 5 puluhan, 0 satuan.

4. Salin tabel berikut lalu lengkapilah dengan angka yang sesuai dengan nilai tempatnya.

Jawaban:

Baca Juga: 5 Sifat Bilangan Cacah, Materi Matematika Kelas 4 SD Kurikulum Merdeka

- Lambang bilangan: 6.192

Ribuan: 6

Ratusan: 1

Puluhan: 9

Satuan: 2

- Lambang bilangan: 2.910

Ribuan: 2

Ratusan: 9

Puluhan: 1

Satuan: 0

- Lambang bilangan: 4.128

Baca Juga: Apa Itu Bilangan Cacah?, Materi Matematika Kelas 4 SD Kurikulum Merdeka

Ribuan: 4

Ratusan: 1

Puluhan: 2

Satuan: 8

- Lambang bilangan: 9.217

Ribuan: 9

Ratusan: 2

Puluhan: 1

Satuan: 7

Nah, itu tadi  pembahasan soal Ayo Berlatih tentang nilai tempat bilangan cacah.

---

Sumber: Buku Matematika untuk SD/MI Kelas IV karya Hobri, dkk.

Tonton video ini, yuk!