Jawab Soal Kegiatan 2 Teks Ketahanan Pangan Lokal, Bahasa Indonesia Kelas XI Bab 1 Kurikulum Merdeka

By Rahwiku Mahanani, Senin, 24 Juli 2023 | 10:30 WIB
Pada buku Cerdas Cergas Berbahasa Indonesia dan Bersastra Indonesia kelas XI halaman 6 Kegiatan 2 nomor 1, terdapat soal menemukan arti kata di KBBI. (pexels/Monstera)

adjar.id - Apakah Adjarian sudah membaca dengan saksama teks berjudul Ketahanan Pangan Lokal yang ada pada buku Cerdas Cergas Berbahasa Indonesia dan Bersastra Indonesia SMA/SMK kelas XI halaman 4-6?

Teks tersebut merupakan contoh teks argumentasi.

Teks argumentasi merupakan teks memuat data dan fakta akurat untuk mendukung kebenaran dari pendapat yang disampaikan seseorang.

Kalau mengutip Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), argumentasi adalah teks yang berisi opini penulis yang disertai alasan dan pembuktian yang didukung oleh fakta, disampaikan secara logis dan objektif, bertujuan untuk meyakinkan dan memengaruhi pembaca.

O iya, setelah mencermati teks argumentasi berjudul Ketahanan Pangan Lokal, kita bisa lanjut mengerjakan soal latihan pada bagian Kegiatan 2 yang ada di halaman 6, Adjarian.

Nah, di bawah ini adalah pembahasan soal Kegiatan 2 nomor 1.

Yuk, kita simak bersama untuk referensi!

Pembahasan Soal Kegiatan 2 Nomor 1

1. Pada teks di atas terdapat beberapa kosakata yang perlu dipahami artinya. Temukan arti kosakata berikut ini dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia kemudian gunakan kosakata tersebut untuk menyusun kalimat baru yang berbeda dengan yang ada di dalam teks. Kalian bisa menggunakan tautan (link) berikut untuk menemukan arti kata-kata tersebut: https://kbbi.kemdikbud.go.id.

a. basis

Arti basis menurut KBBI = Asas; dasar.

Baca Juga: Jawab Soal Pangan Lokal No. 2-5, Bahasa Indonesia Kelas XI Bab 1 Kurikulum Merdeka