Struktur Penulisan Teks Prosedur, Materi Bahasa Indonesia Kelas 11 Kurikulum Merdeka

By Nabil Adlani, Senin, 3 Juli 2023 | 10:55 WIB
Dalam struktur penulisannya, teks prosedur diawali dengan bagian pembuka atau pengantar. (pexels/Tima Miroshnichenko)

adjar.id - Teks prosedur adalah jenis teks yang berisi langkah-langkah atau petunjuk yang harus diikuti untuk menyelesaikan suatu tugas atau mencapai tujuan tertentu.

Teks prosedur dirancang atau dibuat secara sistematis dan terstruktur.

Tujuannya agar pembaca dapat mengikuti langkah-langkah yang tercantum dengan jelas dan memperoleh hasil yang diharapkan.

Nah, teks prosedur sering digunakan dalam berbagai konteks, baik dalam kehidupan sehari-hari maupun dalam lingkungan kerja.

Contoh penggunaan teks prosedur adalah panduan penggunaan perangkat, petunjuk pemasangan suatu produk, instruksi pengoperasian mesin, atau lain sebagainya.

Dengan menggunakan teks prosedur yang baik, pembaca dapat dengan mudah mengikuti petunjuk yang diberikan dan mencapai hasil yang diinginkan.

Nah, berikut struktur penulisan teks prosedur.

"Tujuan dari teks prosedur adalah agar pembaca dapat mengikuti instruksi yang jelas dan sistematis untuk mencapai tujuan tertentu."

Struktur Penulisan Teks Prosedur

1. Pembuka atau Pengantar

Struktur penulisan teks prosedur umumnya diawali dengan judul yang kemudian disusul dengan kalimat pembuka atau pengantar.

Pada bagian pengantar ini, penulisan dapat memaparkan sedikit hal tentang topik yang akan dijelaskan dalam teks prosedur.

Baca Juga: Jenis dan Ciri-Ciri Teks Prosedur