3 Jalur Masuk Sekolah Kedinasan PKN STAN Tahun 2023

By Rahwiku Mahanani, Selasa, 27 Juni 2023 | 17:00 WIB
Sekolah kedinasan PKN STAN membuka beberapa jalur penerimaan mahasiswa baru. (via Kompas.com/ERWIN HUTAPEA)

adjar.id - Politeknik Keuangan Negara STAN (PKN STAN) merupakan sekolah kedinasan di bawah naungan Kementerian Keuangan (Kemenkeu).

Untuk bisa masuk ke PKN STAN, ada beberapa jalur masuk yang dibuka, Adjarian.

Mengacu pada pendaftaran PKN STAN tahun 2023, jalur masuk yang dibuka adalah jalur reguler, jalur afirmasi kewilayahan, dan jalur pembibitan.

Jalur Masuk PKN STAN 2023

1. Jalur Reguler

Jalur Reguler adalah jalur penerimaan mahasiswa baru dari seluruh lulusan pendidikan menengah atas di bawah pembinaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi atau Kementerian Agama.

Di antaranya lulusan Sekolah Menengah Atas/Sekolah Menengah Kejuruan/Kelompok Belajar Paket C/Madrasah Aliyah/Madrasah Aliyah Kejuruan/Pendidikan Diniyah Formal/Pesantren/Sekolah Menengah Agama Kristen/Sekolah Menengah Teologi Kristen/Pendidikan Keagamaan Katolik/Utama Widya Pasraman/Pendidikan Keagamaan Konghucu/sekolah keagamaan lain/sederajat.

Penerimaan jalur ini ditujukan untuk mengisi formasi atau kebutuhan pegawai Kementerian Keuangan, Kementerian/Lembaga Lainnya, atau Pemerintah Daerah, Adjarian.

2. Jalur Afirmasi Kewilayahan

Jalur Afirmasi Kewilayahan adalah jalur penerimaan mahasiswa baru yang dikhususkan untuk lulusan pendidikan menengah atas di bawah pembinaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi atau Kementerian Agama.

Di antaranya lulusan Sekolah Menengah Atas/Sekolah Menengah Kejuruan/Kelompok Belajar Paket C/Madrasah Aliyah/Madrasah Aliyah Kejuruan/Pendidikan Diniyah Formal/Pesantren/Sekolah Menengah Agama Kristen/Sekolah Menengah Teologi Kristen/Pendidikan Keagamaan Katolik/Utama Widya Pasraman/Pendidikan Keagamaan Konghucu/sekolah keagamaan lain/sederajat dari wilayah yang ditetapkan sebagai wilayah afirmasi.

Tujuannya untuk mengisi formasi atau kebutuhan pegawai Kementerian Keuangan, Kementerian/Lembaga Lainnya, atau Pemerintah Daerah diutamakan pada wilayah afirmasi tersebut.

Baca Juga: Apa Saja Jurusan yang Ada di Sekolah Kedinasan PKN STAN?