5 Peran Badan Usaha bagi Perekonomian Nasional, Materi Ekonomi Kelas 11 Kurikulum Merdeka

By Nabil Adlani, Rabu, 21 Juni 2023 | 08:00 WIB
Peningkatan pendapatan nasional merupakan salah satu peran badan usaha. (unsplash/rupixen.com)

adjar.id - Badan usaha memainkan peran yang sangat penting dalam perekonomian suatu negara.

Badan usaha tidak hanya menjadi sumber lapangan pekerjaan, tetapi juga ikut berkontribusi dalam pertumbuhan ekonomi secara keseluruhan, Adjarian.

Nah, badan usaha merupakan sebuah organisasi atau perusahaan yang didirikan untuk melakukan kegiatan ekonomi dan bisnis.

Badan usaha ini bisa berbentuk perusahaan, seperti perusahaan perseorangan, kemitraan, persekutuan, perusahaan terbatas, atau korporasi.

Tujuan utama dari berdirinya badan usaha adalah untuk menciptakan keuntungan atau laba melalui aktivitas perdagangan, produksi barang, atau penyediaan jasa.

Badan usaha memiliki karakteristik dan ciri-ciri tertentu, misalnya kepemilikan modal atau saham, manajemen yang terorganisir, dan lain sebagainya.

O iya, badan usaha biasanya memiliki struktur organisasi yang terdiri dari pemegang saham atau anggota, dewan direksi, manajer, dan karyawan.

Badan usaha juga tunduk pada regulasi dan hukum yang mengatur kegiatan ekonomi, seperti peraturan tentang perpajakan, ketenagakerjaan, dan lingkungan.

Proses pendirian badan usaha melibatkan proses legalitas dan registrasi sesuai dengan hukum yang berlaku di negara atau yurisdiksi tertentu.

Berikut macam-macam peran badan usaha bagi perekonomian nasional.

"Badan usaha memiliki tanggung jawab sosial dan lingkungan dengan melaksanakan praktik bisnis yang bertanggung jawab dan berkelanjutan."

Baca Juga: Peran BUMN bagi Perekonomian Indonesia, Materi Ekonomi Kelas 11 Kurikulum Merdeka