Jenis dan Faktor Dinamika Kelompok Sosial

By Nabil Adlani, Selasa, 13 Juni 2023 | 10:30 WIB
Dinamika kelompok sosial terbagi menjadi beberapa jenis dan memiliki faktor yang memengaruhinya. (unsplash/Ryoji Iwata)

adjar.id - Dinamika kelompok sosial merupakan salah satu bahan objek kajian penting dalam ilmu sosiologi.

Dinamika kelompok sosial memiliki keterkaitan dengan penelaahan tentang faktor terjadinya hubungan kelompok sosial yang didasari atas perilaku dalam kelompok.

Hal ini dapat terjadi karena adanya berbagai interaksi yang dinamis karena adanya situasi sosial yang mendukung terjadinya dinamika kelompok sosial, Adjarian.

Nah, kajian tentang dinamika kelompok sosial ini memiliki hubungan erat dengan pembentukan struktur sosial dalam kelompok, norma sosial, dan lain sebagainya.

Menurut Slamet Sentosa, dinamika kelompok sosial adalah suatu bentuk hubungan yang terjalin antarkelompok sosial dalam lingkungan masyarakatnya secara teratur.

Sementara menurut Sprott, dinamika kelompok sosial adalah bentuk analisis tentang hubungan relasi yang terjadi antara anggota kelompok sosial tertentu dalam lingkungan masyarakat.

"Dinamika kelompok sosial merupakan serangkaian bentuk problematika kehidupan yang dialami kelompok atau individu yang melakukan mobilisasi sosial dengan cepat."

Jenis Dinamika Kelompok Sosial

Jenis-jenis dinamika kelompok sosial, yaitu:

1. Kelompok Primer

Kelompok primer adalah kelompok sosial yang di dalamnya terjadi interaksi yang anggotanya saling mengenal dekat dan berhubungan erat.

Kelompok primer dikatakan juga terdiri atas sejumlah orang yang sering berkomunikasi satu dengan lainnya.

Baca Juga: Klasifikasi Bentuk Kerumunan dalam Masyarakat