Ciri dan Contoh Tertib Sosial, Materi IPS Kelas 10 Kurikulum Merdeka

By Nabil Adlani, Jumat, 9 Juni 2023 | 16:00 WIB
Antre termasuk salah satu contoh tertib sosial. (pexels/Krizjohn Rosales)

adjar.id - Tertib sosial merupakan tata tertib dalam masyarakat dengan melakukan norma hukum, agama, kesusilaan, dan lain sebagainya.

Tertib sosial mengacu pada aturan, norma, dan keteraturan yang mengatur interaksi dan perilaku sosial di dalam suatu masyarakat.

Hal ini melibatkan kesepakatan bersama tentang bagaimana orang harus berperilaku dalam berbagai situasi dan lingkungan sosial, Adjarian.

Tertib sosial adalah suatu konsep yang penting dalam kehidupan masyarakat.

Karena tertib sosial dapat membantu mempertahankan keseimbangan, harmoni, dan stabilitas di antara anggota masyarakat.

Tanpa tertib sosial, masyarakat akan mengalami konflik, ketidakpastian, dan ketidakadilan yang dapat mengganggu kehidupan sehari-hari.

Nah, tertib sosial mencakup berbagai aspek kehidupan, seperti norma-norma perilaku, etika, aturan hukum, adat istiadat, tata tertib, dan kesopanan.

Dalam hal ini mencakup perilaku dalam berbagai konteks, mulai dari interaksi sosial di antara individu, keluarga, kelompok, hingga skala yang lebih besar.

Dalam praktiknya, tertib sosial ditopang oleh kesadaran individu dan kesepakatan kolektif tentang perilaku yang diterima dan diharapkan dalam masyarakat.

O iya, berikut ciri-ciri dan contoh tertib sosial.

"Tujuan utama tertib sosial adalah menciptakan kesadaran, pemahaman, dan komitmen bersama untuk hidup dalam harmoni dan saling mendukung dalam masyarakat."

Baca Juga: Pengertian Penyimpangan Sosial Menurut Ahli, Materi IPS Kelas 10 Kurikulum Merdeka