3 Prodi yang Ada di Poltek SSN, Sekolah Kedinasan Milik Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN)

By Rahwiku Mahanani, Kamis, 8 Juni 2023 | 11:00 WIB
Poltek SSN memiliki tiga prodi diploma IV (DIV). (Dok. Poltek SSN)

adjar.id - Politeknik Siber dan Sandi Negara (Poltek SSN) adalah sekolah kedinasan di bawah naungan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN).

Sebelumnya, Poltek SSN dikenal dengan nama Sekolah Tinggi Sandi Negara (STSN).

Dilansir dari laman resmi Badan Siber dan Sandi Negara, Poltek SSN adalah perguruan tinggi kedinasan di lingkungan BSSN yang menyelenggarakan program pendidikan vokasi di bidang keamanan siber dan sandi.

Poltek SSN memiliki visi untuk menjadi politeknik berkelas dunia yang menghasilkan sumber daya manusia atau SDM siber dan sandi yang unggul dan berjiwa Pancasila.

Sementara itu, misi Poltek SSN adalah:

- Menyelenggarakan program pembelajaran berkualitas tinggi dalam rangka penguasaan pengetahuan dan keahlian di bidang keamanan siber dan sandi.

- Menyelenggarakan penelitian yang berkualitas tinggi dalam rangka pengembangan dan penerapan pengetahuan dan keahlian di bidang keamanan siber dan sandi.

- Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat berkualitas tinggi dalam rangka penerapan pengetahuan dan keahlian di bidang keamanan siber dan sandi.

- Menyiapkan dan membentuk SDM siber dan sandi yang bermental tangguh dan bermoral tinggi.

Setelah menyelesaikan studi dan dinyatakan lulus, lulusan Poltek SSN dapat diangkat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkungan BSSN.

Selain itu, bisa juga diangkat sebagai CPNS di instansi pemerintah lain baik di pusat maupun daerah.

Baca Juga: Daftar Prodi di STIN, Sekolah Kedinasan Milik BIN