Pentingnya Peran Kingdom Plantae, Menjaga Keanekaragaman Tumbuhan dan Lingkungan

By David Togatorop, Senin, 5 Juni 2023 | 08:01 WIB
Cari tahu apa itu Kingdom Plantae. (Pixabay)

adjar.id - Kingdom Plantae, atau yang dikenal juga sebagai Dunia Tumbuhan, merupakan kumpulan berbagai jenis tumbuhan.

Sebagai anggota kingdom ini, tumbuhan memiliki beberapa ciri-ciri umum.

Mereka adalah organisme eukariotik multiseluler yang memiliki sel-sel yang terspesialisasi membentuk jaringan dan organ.

Sel-sel tumbuhan memiliki dinding sel yang terbuat dari selulosa. Tumbuhan juga memiliki klorofil, seperti klorofil a dan klorofil b, yang memungkinkan mereka melakukan fotosintesis untuk memenuhi kebutuhan makanannya.

Kemampuan ini membuat tumbuhan diklasifikasikan sebagai organisme autotrof.

Makanan dalam tumbuhan disimpan dalam bentuk tepung atau pati.

Walaupun ada beberapa jenis alga seperti alga hijau, alga cokelat, dan beberapa jenis alga lainnya yang memiliki sifat mirip dengan tumbuhan, mereka sebenarnya bukan anggota Kingdom Plantae.

Alga-alga tersebut memang memiliki klorofil dan mampu melakukan fotosintesis, tetapi mereka tidak termasuk ke dalam Kingdom Plantae karena beberapa alasan.

Salah satunya adalah struktur tubuh alga yang masih berupa talus dan belum dapat dibedakan antara akar, batang, dan daun.

Karena alasan ini, alga termasuk dalam Kingdom Protista. Meskipun demikian, alga dan tumbuhan memiliki hubungan kekerabatan yang dekat.

Misalnya, tumbuhan dan alga hijau memiliki klorofil b sebagai pigmen aksesoris fotosintetik yang tidak dimiliki oleh organisme fotosintetik lainnya. Klorofil a sendiri digunakan oleh semua organisme eukariotik fotosintetik sebagai pigmen yang terlibat langsung dalam konversi energi cahaya menjadi energi kimia.

Baca Juga: Jawab Soal Bagian Struktur Anatomi Penampang Daun, Biologi Kelas XI