Jawab Soal Lembar Aktivitas 7 tentang Sistem Informasi Geografis, Materi IPS Kelas 10 Kurikulum Merdeka

By Nabil Adlani, Rabu, 1 Februari 2023 | 14:30 WIB
Sistem informasi geografis dapat bermanfaat untuk mengetahui tata ruang suatu wilayah. (unsplash/Hugo Matilla)

adjar.id - Dalam buku Ilmu Pengetahuan Sosial kelas 10 Kurikulum Merdeka, terdapat soal Lembar Aktivitas 7 di halaman 259.

Kita diminta untuk menjawab beberapa pertanyaan tentang sistem informasi geografis (SIG) dari teks "Sistem Informasi Geografis Tata Guna Lahan di Kabupaten Sleman".

Sistem informasi geografis dapat dikatakan sebagi suatu sistem yang bertugas menyajikan dan mengumpulkan informasi atau data terkait geografi.

Data atau informasi ini biasanya berisikan fakta permukaan bumi, seperti topografi, jenis tanah, budaya, hidrologi, keadaan geologi, dan lainnya.

Menurut kamus modern geografi, sistem informasi geografi atau SIG adalah penyimpanan data geografis yang disimpan dalam bentuk digital di komputer.

Secara umum, sistem informasi geografi adalah integrasi teknologi dan data wilayah yang menghubungkan berbagai data lain untuk digabungkan dan dianalisis.

Adanya SIG akan memudahkan kita untuk mengetahui lokasi, kondisi wilayah, pola, permodelan, dan trend yang terjadi.

SIG dapat bekerja dengan adanya beberapa komponen, seperti perangkat keras, perangkat lunak, orang yang menjalankan, dan aplikasi, sehingga dapat menghasilkan data geografis yang berguna bagi kehidupan.

Nah, berikut pembahasan soal Lembar Aktivitas 7 tentang sistem informasi geografi untuk referensi.

Lembar Aktivitas 7 tentang Sistem Informasi Geografis

1. Jelaskan manfaat SIG berdasarkan artikel di atas?

Baca Juga: 10 Tahapan Kerja Sistem Informasi Geografis