Sifat-Sifat Pengendalian Sosial

By Nabil Adlani, Selasa, 31 Januari 2023 | 12:30 WIB
Sifat pengendalian sosial terbagi menjadi dua jenis, salah satunya berdasarkan waktu pelaksanaannya. (unsplash/mostafa meraji)

adjar.id - Ada beberapa sifat pengendalian sosial.

Pengendalian sosial penting dilakukan di masyarakat untuk mencegah terjadinya penyimpangan sosial.

Dalam kehidupan masyarakat, tak jarang terjadi kasus penyimpangan, seperti pencurian, perampokan, dan sebagainya.

Nah, pengendalian sosial atau social control adalah bentuk pengawasan bagi perilaku masyarakat agar terhindar dari kekacauan yang diciptakan oleh anggota masyarakat sendiri, Adjarian.

Pengendalian sosial biasanya terjadi jika masyarakat sudah mampu menjalankan hak dan kewajibannya sesuai dengan peran mereka masing-masing.

Menurut Peter L. Berger, pengendalian sosial adalah berbagai cara yang digunakan masyarakat untuk menertibkan anggotanya yang menyimpang.

Dilansir dari laman Sumber Belajar Kemdikbud, pengendalian sosial adalah mekanisme untuk mengarahkan anggota masyarakat dalam melaksanakan nilai dan norma sosial yang berlaku.

Hal ini dilakukan agar tidak terjadi penyimpangan dan berupaya untuk mengurangi bahkan menghilangkan penyimpangan tersebut.

Salah satu ciri pengendalian sosial adalah bertujuan untuk keserasian antara stabilitas dengan perubahan di masyarakat.

Nah, sifat pengendalian sosial diklasifikasikan dalam dua jenis. Berikut uraiannya.

"Pengendalian sosial bisa diartikan sebagai metode pengawasan terhadap masyarakat, sehingga perilaku masyarakat sesuai dengan nilai dan norma yang berlaku."

Baca Juga: Peran dan Fungsi Lembaga Sosial dalam Pengendalian Sosial Masyarakat