Jawab Soal Menafsirkan Teks Puisi 'Dengan Puisi, Aku' Karya Taufiq Ismail, Bahasa Indonesia Kelas 11 Kurikulum Merdeka

By Nabil Adlani, Rabu, 11 Januari 2023 | 07:30 WIB
Menafsirkan puisi akan memudahkan memahami isi teks puisi. (pexels/Ravi Kant)

adjar.id - Pada buku Bahasa Indonesia Tingkat Lanjut: Cakap Berbahasa dan Bersastra Indonesia kelas 11 Kurikulum Merdeka terdapat soal Asesmen di halaman 162.

Dalam soal tersebut, terdapat beberapa pertanyaan tentang menafsirkan teks puisi "Dengan Puisi, Aku" karya Taufiq Ismail.

Nah, kali ini kita akan membahas soal tersebut. Pembahasan soal ini dapat dijadikan sebagai referensi, Adjarian.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), puisi adalah ragam sastra yang bahasanya terikat oleh irama, matra, rima, serta penyusunan larik dan bait.

Puisi biasanya berisikan ungkapan emosi, pengalaman, dan kesan dari penulis.

Penulis akan menuliskan hal-hal tersebut dengan menggunakan bahasa yang baik, sehingga dapat berirama saat dibacakan.

Di dalam sebuah puisi juga terdapat gagasan atau pemikiran dan tanggapan terhadap suat hal atau kejadian.

Teks Puisi "Dengan Puisi, Aku" Karya Taufiq Ismail

Dengan puisi aku bernyanyi

Sampai senja umurku nanti

Dengan puisi aku bercerita

Baca Juga: Mengevaluasi Teks Puisi, Materi Bahasa Indonesia Kelas 11 Kurikulum Merdeka

Berbatas cakrawala

Dengan puisi aku mengenang

Keabadian yang akan datang

Dengan puisi aku menangis

Jarum waktu bila kejam meringgis

Dengan puisi aku mengetuk

Nafas zaman yang busuk

Dengan puisi aku berdoa

Perkenankanlah kiranya.

Menafsirkan Teks Puisi "Dengan Puisi, Aku" Karya Taufiq Ismail

1. Setelah menyimak bacaan puisi tersebut, tuliskan isinya.

Baca Juga: Jawab Soal Asesmen dari Teks Puisi ‘Gadis Peminta-Minta’, Materi Bahasa Indonesia Kelas 11 Kurikulum Merdeka

Jawaban: Isi puisi tersebut adalah ungkapan penyair yang ingin tetap berpuisi sepanjang hidupnya, dalam keadaan apa pun dan di mana pun.

2. Tulislah hasil tafsiranmu.

Jawaban: Sebagai seorang penyair, Taufiq Ismail akan tetap berpuisi dalam keadaan apa pun.

Dalam bernyanyi, mengenang keabadian di masa yang akan datang, menangis, bahkan berdoa.

Penyair juga menggunakan puisi dalam bersikap atau bertindak seperti itu.

Intinya, penyair akan tetap berpuisi sampai kapanpun.

3. Bagian mana dari puisi tersebut yang kalian hargai karena menarik perhatian?

Jawaban: Menurut saya, semua bagian dalam puisi ini sangat menarik.

Puisi sangat menarik karena tidak semua orang dapat memanfaatkan puisi sebagai sarana untuk bertindak, bersikap, berkegiatan, sampai berdoa.

Penyair dalam hal ini menyebutkan, dia akan berpuisi untuk bernyanyi, mengenang keabadian di masa yang akan datang, menangis, bahkan berdoa.

Semuanya akan menggunakan sarana puisi.

Baca Juga: Jawab Soal Latihan Evaluasi Gagasan Teks Puisi 'Hujan Bulan Juni', Materi Bahasa Indonesia Kelas 11 Kurikulum Merdeka

4. Tuliskan hasil evaluasi diksi teks puisi tersebut.

Jawaban: Penyair menggunakan berbagai diksi untuk menggambarkan sikap dan tindakannya terhadap puisinya.

Nah, itulah pembahasan soal tentang menafsirkan teks puisi "Dengan Puisi, Aku" Karya Taufiq Ismail.