Jawab Soal Bahasa Indonesia Kelas XI Bab 5 Kurikulum Merdeka, Drama 'Cinta Itu' dan 'Wabah' No. 4-5

By Aldita Prafitasari, Rabu, 28 Desember 2022 | 08:00 WIB
Terdapat soal seputar drama 'Cinta Itu' dan 'Wabah' pada buku Cerdas Cergas Berbahasa dan Bersastra Indonesia kelas XI, Bab 5, halaman 149. (Pixabay)

adjar.id - Pada pertunjukkan drama, pencahayaan dan musik merupakan unsur yang penting dan perlu diperhatikan.

Nah, kali ini kita akan membahas soal seputar menganalisis dua unsur drama tersebut pada drama berjudul "Cinta Itu" dan "Wabah" dari Teater Koma.

Soal tersebut ada pada buku Bahasa Indonesia Cerdas Cergas Berbahasa dan Bersastra Indonesia kelas XI Kurikulum Merdeka, Bab 5, halaman 149, materi "Mengenal Keberagaman Indonesia lewat Pertunjukan Drama".

Kita akan membahas soal nomor empat yang meminta kita membandingkan pencahayaan atau lightning effect pada dua drama tersebut.

Kita juga akan membahas soal nomor 5 yang berisi perintah soal perbandingan musik dan sound effect kedua drama tersebut.

Nah, berikut pembahasan soal tersebut yang dapat dijadikan sebagai referensi. Yuk, simak!

Untuk mengukur pemahaman kalian tentang kedua pertunjukan drama tersebut, secara berkelompok terdiri atas 4-5 siswa jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini!

Gunakan kalimat yang baik dalam menjelaskan jawaban kalian.

4. Bandingkan bagaimana pencahayaan atau lighting effect yang digunakan dalam kedua pertunjukan tersebut? Beri penjelasan disertai dengan bukti yang mendukung!

Jawaban: 

- Video 1 berjudul "Cinta Itu" menggunakan cahaya sebagai penyinar.

Baca Juga: Jawab Soal Bahasa Indonesia Kelas XI Bab 5 Kurikulum Merdeka, 'Wayang Potehi: Cinta yang Pupus' Adegan 5