Penyebab Diskriminasi, Materi PPKn Kelas 11 Kurikulum Merdeka

By Nabil Adlani, Senin, 26 Desember 2022 | 07:00 WIB
Prasangka dan stereotip adalah dua penyebab diskriminasi. (pexels/Mikhail Nilov)

adjar.id - Perilaku diskriminasi dalam kehidupan di masyarakat bisa dipengaruhi oleh beberapa penyebab.

Perbedaan merupakan hal yang biasa dalam kehidupan, terutama di negara Indonesia yang memiliki keberagaman suku bangsa dan budaya.

Meski begitu, tidak semua orang dapat menghargai perbedaan dan melakukan tidakan yang kurang terpuji, salah satunya diskriminasi.

Nah, kali ini kita akan membahas mengenai penyebab diskriminasi yang menjadi materi PPKn kelas 11 Kurikulum Merdeka.

Dalam hubungan yang melibatkan antarkelompok masyarakat sering kali memunculkan adanya ketidakseimbangan kekuatan yang memicu terjadinya diskriminasi.

Diskriminasi adalah suatu sikap yang membeda-bedakan seseorang atau kelompok dengan disengaja terhadap golongan yang berhubungan dengan suatu kepentingan tertentu.

Pembedaan yang dilakukan bisa didasarkan oleh berbagai hal, mulai dari suku, etnis, ras, dan juga agama, Adjarian.

Perilaku diskriminasi ini sering dilakukan oleh kelompok mayoritas terhadap kelompok minoritas di suatu daerah tertentu.

Perilaku ini bisa muncul karena kurang adanya rasa toleransi dan saling menghargai antarperbedaan yang ada di kehidupan.

O iya, diskriminasi sering juga terjadi di negara-negara homogen, di mana mayoritas penduduk berasal dari ras yang sama dengan kehidupan yang sama juga.

"Diskriminasi merupakan tindakan, perilaku, atau sikap yang dilakukan seseorang atau kelompok untuk menyudutkan kelompok lainnya."

Baca Juga: Jawab Soal Uji Pemahaman tentang Budaya Indonesia, Materi PPKn Kelas 11 Kurikulum Merdeka