Jawab Soal Lembar Aktivitas 5 tentang Permintaan dan Penawaran, Materi IPS Kelas 10 Kurikulum Merdeka

By Nabil Adlani, Rabu, 21 Desember 2022 | 09:30 WIB
Pada awal pandemi COVID-19, terjadi permasalahan ekonomi berupa permintaan dan penawaran masker. (unsplash/Anastasiia Chepinska)

adjar.id - Dalam buku Ilmu Pengetahuan Sosial kelas 10 Kurikulum Merdeka, terdapat soal Lembar Aktivitas 5 di halaman 77-78.

Pada soal tersebut, kita diminta menjawab beberapa pertanyaan tentang permintaan dan penawaran dari teks "Harga Masker Melejit".

Nah, kali ini kita akan membahas soal tersebut. Pembahasan soal ini dapat Adjarian jadikan sebagai referensi.

Permintaan dan penawaran merupakan dua hal yang sering ditemukan dalam sebuah kegiatan ekonomi di pasar.

Titik perpotongan antara kurva permintaan dan kurva penawaran akan membentuk keseimbangan harga pasar.

Nah, permintaan adalah jumlah barang atau jasa yang ingin dibeli atau diminta oleh seseorang atau konsumen sebagai tingkat harga dan waktu tertentu.

Faktor yang memengaruhi permintaan di antaranya tingkatan harga barang itu sendiri, tingkat pendapatan, perilaku konsumen, perkiraan harga di masa depan, dan lain sebagainya.

Sementara penawaran adalah teori yang membahas hubungan antara jumlah barang yang ditawarkan dan tingkat harga barang itu sendiri.

Teori penawaran juga menggunakan hukum ceteris paribus, yang berarti faktor lain selain harga itu sendiri dianggap tetap.

Ada beberapa hal yang dapat memengaruhi penawaran, di antaranya harga barang lain, biaya produksi, tujuan perusahaan, teknologi, serta pajak dan subsidi.

Sekarang mari kita simak pembahasan soal Lembar Aktivitas 5 tentang permintaan dan penawaran berikut!

Baca Juga: Faktor yang Dapat Memengaruhi Permintaan, Materi IPS Kelas 10 Kurikulum Merdeka