Jawab Soal Kebhinnekaan Bangsa Indonesia

By Nabil Adlani, Kamis, 15 Desember 2022 | 14:20 WIB
Semboyan bangsa Indonesia, Bhinneka Tunggal Ika dapat ditemukan pada lambang negara Pancasila. (Adjar.id/NA)

adjar.id - Dalam buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan kelas 10 edisi revisi 2015 terdapat soal mengenai semboyan bangsa Indonesia di halaman 137.

Pada soal tersebut, terdapat beberapa pertanyaan tentang kebhinnekaan bangsa Indonesia.

Nah, kali ini kita akan membahas soal tersebut, Adjarian. Pembahasan soal ini nantinya dapat dijadikan sebagai referensi.

Kebhinnekaan merupakan suatu realitas bangsa yang tidak bisa dipungkiri keberadaannya untuk mendorong terciptanya perdamaian dalam kehidupan bangsa dan negara.

Kebhinnekaan harus dimaknai masyarakat melalui pemahaman multikulturalisme dengan berlandaskan kekuatan spiritualitas.

Perbedaan religi, etnis, ataupun ideologi menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari sejarah bangsa Indonesia dengan Bhinneka Tunggal Ika dan toleransi yang menjadi perekat persatuan.

Indonesia memiliki semboyan negara yang dijunjung tinggi kedudukannya, yaitu Bhinneka Tunggal Ika.

Bhinneka Tunggak Ika merupakan sebuah ikrar yang menggambarkan persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia dalam keberagaman masyarakatnya.

Bhinneka Tunggal Ika ini digunakan untuk mempersatuan yang berbeda, baik dari suku, budaya, bahasa, agama, ras, dan lain sebagainya di Indonesia.

Adanya semboyan ini menunjukkan bukti keanekaragaman Indonesia yang patut dijunjung tinggi dengan saling menghargai perbedaan dalam masyarakat Indonesia.

Sekarang mari kita simak pembahasan soal kebhinnekaan bangsa Indonesia berikut!

Baca Juga: Contoh Soal TWK CPNS, Jawaban, serta Pembahasan Materi Bhinneka Tunggal Ika