3 Tingkatan Manajemen, Materi Ekonomi Kelas 11 Kurikulum Merdeka

By Nabil Adlani, Kamis, 15 Desember 2022 | 07:45 WIB
Top management adalah salah satu tingkatan manajemen dalam suatu organisasi atau perusahaan. (unsplash/Sebastien Bonneval)

adjar.id - Dalam sebuah organisasi atau perusahaan, ada tiga tingkatan manajemen.

Di sekolah, materi tersebut dipelajari pada mata pelajaran Ekonomi kelas 11 SMA Kurikulum Merdeka.

Nah, kali ini kita akan mempelajari materi tentang tingkatan manajemen tersebut, Adjarian.

Apa itu manajemen? 

Menurut G. R. Terry, manajemen adalah proses yang khas yang terdiri dari tingkatan perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan pengawasan yang dilakukan untuk mencapai sasaran yang telah ditetapkan.

Manajemen ini bisa dilakukan dengan pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber-sumber lainnya.

Secara umum, manajemen adalah wadah di dalam ilmu pengetahuan, sehingga manajemen dapat dibuktikan secara umum kebenarannya.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa manajemen merupakan suatu cara yang dilakukan untuk mencapai tujuan organisasi dengan alat terbaik yang tersedia.

Akan tetapi, untuk mencapai tujuan tersebut, kepentingan investor, konsumen, karyawan, pemerintah, masyarakat, dan pemasok juga perlu diperhatikan.

Manajemen memiliki empat fungsi utama, yaitu fungsi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan.

"Manajemen merupakan sebuah ilmu yang mengatur sumber daya manusia atau mengelola segala sesuatu agar berjalan secara efektif dan efisien.

Baca Juga: Apa Itu Manajemen Sumber Daya Manusia?

Tingkatan Manajemen

Tingkatan manajemen dalam organisasi atau perusahaan dibedakan menjadi tiga golongan.

Nah, di banyak organisasi atau perusahaan, jumlah manajer di setiap tingkat menyerupai piramida.

Maksudnya, lebih banyak manajer tingkat bawah, lebih sedikit manajer tingkat menengah, dan paling sedikit manajer puncaknya.

Berikut tiga tingakatan manajemen dalam suatu organisasi atau perusahaan.

1. Top Management

Top management atau manajemen puncak adalah level tertinggi dalam tingkatan manajemen yang bertanggung jawab atas semua kebijakan, strategi, dan jalannya perusahaan.

Dalam kegiatannya, manajemen puncak akan lebih banyak menggunakan kerja otak daripada kerja fisik.

Nah, tugas dari manajemen puncak ini diantaranya menyusun visi misi perusahaan, menyusun strategi dan kebijakan, serta menjalin hubungan dengan pihak di luar perusahaan.

2. Middle Management

Middle management atau manajemen menengah bertanggung jawab terhadap manajemen puncak.

Dalam kegiatannya, manajemen menengah ini akan menggunakan kerja otak dan kerja fisik secara seimbang, Adjarian.

Tugasnya di antaranya mengawasi beberapa unit kerja dan menerapkan rencana yang sudah disusun sebelumnya.

3. Lower Management

Lower management adalah tingkatan yang paling bawah dalam struktur organisasi atau perusahaan.

Baca Juga: Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli

  

Dalam kegiatannya, tingkatan manajemen ini lebih banyak menggunakan kerja fisik dibanding dengan kerja otak.

Salah satu kegitan yang dilakukan oleh lower management yaitu melakukan pengambilan keputusan, menetapkan prestasi karyawan, memotivasi karyawan, dan mengkomunikasikan rencana.

"Tiga tingkatan manajemen meliputi top management, middle management, dan lower management."

Nah, itulah tiga tingkatan manajemen, Adjarian.

Coba Jawab!
Apa tanggung jawab dari top management bagi organisasi atau perusahaan?
Petunjuk: Cek halaman 2.