Jenis-Jenis Komposisi Penduduk, Materi Geografi Kelas 11 Kurikulum Merdeka

By Nabil Adlani, Kamis, 8 Desember 2022 | 15:40 WIB
Komposisi penduduk terbagi menjadi tiga jenis, salah satunya komposisi penduduk berdasarkan generasi. (unsplash/mostafa meraji)

adjar.id Komposisi penduduk di suatu negara terbagi menjadi beberapa jenis, Adjarian.

Adanya komposisi penduduk bertujuan untuk memudahkan proses pengelompokan masyarakat yang didasari atas usia, jenis kelamin, atau indikator lainnya.

Komposisi penduduk menjadi hal yang penting karena bertujuan untuk menata sarana dan prasarana yang dibutuhkan dalam kehidupan masyarakat.

Pada artikel kali ini, kita akan membahas mengenai jenis-jenis komposisi penduduk yang menjadi materi Geografi kelas 11 SMA Kurikulum Merdeka.

Komposisi penduduk adalah jumlah penduduk yang dikelompokkan berdasarkan ukuran-ukuran tertentu.

Komposisi penduduk ini dibuat berdasarkan beberapa hal, seperti tingkatan usia, mata pencarian, agama, tempat tinggal, sampai jenis kelamin.

Secara umum, komposisi penduduk adalah suatu struktur penduduk di sebuah negara atau wilayah berdasarkan atributnya, seperti aspek biologis, sosial, dan geografis.

Dalam ilmu geografi, komposisi penduduk diterapkan untuk menganalisis gambaran umum tentang penduduk yang mendiami suatu daerah berdasarkan beberapa kategori, Adjarian.

Nah, melakukan pengelompokan penduduk harus dengan pertimbangan yang matang, logis, dan bermakna sehingga tidak memunculkan kesalahan atau bias.

Lalu, apa saja jenis-jenis komposisi penduduk tersebut?

“Pengelompokan penduduk berdasarkan karakteristik tertentu merupakan satu upaya untuk memudahkan dalam kegiatan menganalisis dan mengambil suatu keputusan.”

Baca Juga: Komposisi Penduduk Berdasarkan Usia dan Jenis Kelamin