Jenis-Jenis Penelitian Geografi

By Nabil Adlani, Selasa, 29 November 2022 | 07:30 WIB
ruang pada sebuah region merupakan objek dari penelitian geografi. (unsplash/Chelsea Bock)

adjar.id – Tahukah Adjarian apa saja jenis-jenis penelitian geografi?

Sama halnya dengan bidang lainnya, ilmu geografi juga memerlukan suatu penelitian yang sifatnya ilmiah.

Tujuan dari penelitian geografi ini adalah untuk mengkaji, mencari, dan menganalisis berbagai temuan data yang sesuai dengan kebutuhan penelitian.

Nah, pada artikel ini, kita akan membahas mengenai jenis-jenis penelitian geografi yang menjadi materi Geografi kelas 10 SMA.

Geografi merupakan salah satu cabang ilmu pengetahuan yang memperlajari berbagai hal, seperti permukaan bumi, persebaran sumber daya alam, kependudukan, dan lain sebagainya.

Nah, penelitian geografi adalah suatu kegiatan ilmiah yang dilakukan dengan cara sistematik agar bisa memecahkan berbagai permasalahan geografi.

Objek yang diteliti dalam penelitian geografi ini harus memiliki kaitan dengan ilmu geografi yang mana menjadikan suatu ruang di sebuah region sebagai objeknya.

Penelitian geografi mempunyai lima sifat utama, yaitu berbasis penemuan, ilmiah, menguji kebenaran, berbasis pengembangan, dan pemecahan masalah.

Penelitian geografi ini terbagi lagi menjadi beberapa jenis, Adjarian.

Yuk, simak penjelasannya berikut ini!

“Tujuan utama penelitian geografi adalah untuk mencari permasalahan atau data di lapangan dan berusaha untuk memecahkan permasalahan tersebut melalui ilmu geografi.”

Baca Juga: Bentuk Metode Penelitian Geografi