4 Topik Geografi yang Dapat Diolah dengan Sistem Informasi Geografis (SIG)

By Nabil Adlani, Senin, 28 November 2022 | 11:00 WIB
Manajemen tata guna lahan merupakan salah satu topik geografi yang dapat diolah dengan sistem informasi geografis. (unpslash/Karsten Würth)

adjar.id – Tahulh Adjarian apa saja topik geografi yang dapat dioleh oleh sistem informasi geografis?

Kali ini kita akan mempelajari topik geografi yang dapat diolah dengan sistem informasi geografis (SIG) yang menjadi materi Geografi kelas 12 SMA, Adjarian.

SIG adalah suatu sistem informasi yang digunakan untuk memasukkan, menyimpan, memanggil kembali, mengolah, menganalisis, dan menghasilkan data bereferensi geografis atau data geospasial.

SIG bisa mendukung pengambilan keputusan dalam perencanaan dan pengelolaan penggunaan lahan, sumber daya alam, lingkungan transportasi, dan sebagainya.

Kemampuan inilah yang membedakan SIG dengan sistem informasi lainnya.

Selain mampu menampilkan informasi tentang suatu lokasi, dalam penggunannya SIG bisa digunakan untuk menjelaskan kejadian, merencanakan strategi, dan memprediksi yang akan terjadi.

O iya, manfaat SIG semakin luas, Adjarian.

Tidak hanya untuk ahli geografi, SIG juga dimanfaatkan oleh ahli-ahli di bidang keilmuan lainnya, seperti ilmu kebumian, perencanaan, perikanan, pertanian, kehitanan, dan lainnya.

Bahkan saat ini hampir semua bidang ilmu memerlukan SIG, misalnya SIG untuk perencanaan wilayah, SIG untuk pengelolaan hutan, SIG untuk pengelolaan dartah aliran sungai, dan sebagainya.

Di negara-negara maju, pemanfaatan SIG tidak hanya dilakukan oleh pemerintah, tetapi juga sudah masuk ke berbagai bidang usaha, seperti periklanan, perusahaan konstruksi, dan lain sebagainya.

“Pemanfaatan SIG terus mengalami peluasan yang juga dimanfaatkan oleh berbagai bidang keilmuan lainnya.”

Baca Juga: 10 Tahapan Kerja Sistem Informasi Geografis