10 Tahapan Kerja Sistem Informasi Geografis

By Nabil Adlani, Minggu, 27 November 2022 | 12:00 WIB
Tahapan kerja sistem informasi geografis terbagi ke dalam sepuluh tahapan kerja. (unsplash/Christin Hume)

adjar.id Sistem informasi geografis terbai ke dalam sepuluh tahapan kerja.

Mengelola data sistem informasi geografis atau SIG menjadi sebuah informasi spasial dalam bentuk peta diperlukan keterampilan dan peralatan yang memadai.

Sehingga pengelolaan sistem informasi geografis bisa mendapatkan hasil yang maksimal, Adjarian.

Pada artikel ini, kita akan membahas mengenai sepuluh tahapan kerja sistem informasi geografis yang menjadi materi geografi kelas 12 SMA.

Sistem informasi geografis merupakan suatu sistem informasi yang mampu mengolah dan mengelola informasi yang terkait atau memiliki rujukan ruang atau tempat.

Secara sederhana sistem informasi geografis atau SIG diartikan sebagai suatu sistem informasi yang digunakan untuk memasukkan, menyimpan, memanggil kembali, mengolah, menganalisis, dan menghasilkan data bereferensi geogarfis.

Adanya SIG ini dapat mendukung pengambilan keputusan dalam perencanaan dan pengelolaan penggunaan lahan, sumber daya alam, lingkungan transportasi, fasilitas kota, dan pelayanan umum lainnya.

“SIG tidak hanya bisa menampilkan informasi tentang suatu lokasi, tetapi bisa juga digunkan untuk menjelaskan kejadian, merencanakan strategi, dan memprediksi apa yang akan terjadi.”

Tahapan Kerja Sistem Informasi Geografis

Adjarian, untuk menyusun dan mengolah data sistem informasi geografi, diperlukan beberapa tahapan kerja, yaitu:

1. Tahapan Persiapan

Baca Juga: Sistem Informasi Geografis: Pengertian, Komponen, dan Manfaat