Faktor yang Memengaruhi Penawaran di Luar Harga Barang, Materi IPS Kelas 10 Kurikulum Merdeka

By Nabil Adlani, Minggu, 27 November 2022 | 07:00 WIB
Biaya produksi merupakan salah satu faktor yang memengaruhi penawaran di luar harga barang itu sendiri. (pexels/Tiger Lily)

adjar.id – Penawaran suatu barang dipengaruhi oleh beberapa faktor di luar harga barang.

Penawaran merupakan suatu perspektif produsen dalam dunia ekonomi, Adjarian.

Nah, kali ini kita akan membahas mengenai faktor yang memengaruhi penawaran di luar harga barang yang menjadi materi IPS kelas 10 Kurikulum Merdeka.

Pada dasarnya, penawaran merupakan suatu teori yang membahas hubungan antara jumlah barang yang ditawarkan dan tingkat harga barang itu sendiri.

Teori penawaran juga menggunakan hukum ceteris paribus, yang berarti faktor-faktor lain selain harga barang itu sendiri dianggap tetap.

Dengan kata lain, kita bisa menganalisis perubahan penawaran yang diberikan oleh produsen kepada konsumen menggunakan faktor harga barang itu sendiri dan mengasumsikan faktor-faktor lain tetap.

Hal ini karena permintaan merupakan sudut pandang konsumen, maka hukum teori penawaran berlawanan dengan hukum pada teori permintaan.

Pada teori penawaran, terdapat hukum yang menyebutkan, “semakin tinggi harga suatu barang, maka semajin banyak barang yang ditawarkan. Sebaliknya semakin rendah harga suatu barang maka semakin sedikit barang yang ditawarkan”.

Hukum penawaran berlawanan dengan hukum permintaan, sehingga kurva penawaran juga berlawanan dengan kurva permintaan.

Yuk, simak pembahasan faktor yang memengaruhi penawaran di luar harga barang berikut ini, Adjarian.

“Penawaran adalah kesediaan penjual untuk menyerahkan berbagai barang di tingkatan harga dalam waktu dan keadaan tertentu.”

Baca Juga: Jawab Soal Perbedaan Teori Ekonomi Mikro dan Teori Ekonomi Makro