7 Tujuan Hubungan Internasional bagi Bangsa Indonesia

By Nabil Adlani, Selasa, 22 November 2022 | 12:00 WIB
Ada sejumlah tujuan hubungan internasional bagi bangsa Indonesia. (pexels/Savvas Stavrinos)

adjar.id – Kali ini kita akan membahas mengenai tujuan hubungan internasional bagi bangsa Indonesia yang menjadi materi PPKn kelas 11 SMA.

Hubungan internasional berkaitan dengan hubungan lintas negara dan bangsa yang membahas berbagai hal, seperti hubungan antarbudaya, polotik ekonomi internasional, dan sebagainya.

Secara umum, hubungan internasional adalah suatu hubungan yang bersifat global yang meliputi semua hubungan yang terjadi dengan melampaui batas-batas ketatanegaraan.

Hubungan internasional merupakan salah satu jawaban bagi persoalan yang dialami oleh suatu negara, Adjarian.

Ketika suatu negara mengalami kekurangan dalam suatu bidang, melalui hubungan internasional negara tersebut dapat mengatasi persoalan.

Oleh karena itu, hubungan internasional memiliki kedudukan yang sangat penting dalam kehidupan suatu negara.

Hubungan internasional berlangsung secara dinamis, berkembang sesuai perkembangan zaman dan dipengaruhi oleh perubahan kondisi lingkungan yang terjadi antarbangsa.

“Hubungan internasional memiliki tiga konsep penting, yaitu politik luar negeri, hubungan luar negeri, dan politik internasional.”

Tujuan Hubungan Internasional bagi Bangsa Indonesia

Suatu bangsa yang merdeka tidak dapat hidup sendiri tanpa bantuan dari negara lain.

Untuk menjaga kelangsungan hidup dan mempertahankan kemerdekannya, negara tersebut membutuhkan dukungan dari negara lain juga.

Baca Juga: Faktor Penyebab Hubungan Internasional Terjadi di Dunia