adjar.id - Kalimat fakta dan opini sangat umum ditemukan di dalam artikel ilmiah populer.
Kali ini, kita akan membahas soal menemukan fakta dan opini di dalam artikel ilmiah populer.
Soal-soal tersebut ada di dalam buku Bahasa Indonesia Kurikulum Merdeka kelas VIII, halaman 87.
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, fakta adalah keadaan atau peristiwa yang merupakan kenyataan.
Selain itu, kalimat fakta juga bisa berasal dari pendapat ahli, sumber terpercaya, buku, atau hasil penelitian.
Masih dilansir dari sumber yang sama, opini adalah pendapat, pikiran, atau pendirian.
Opini dalam teks artikel ilmiah umunya berupa pendapat penulis mengenai topik pembahasan.
Setiap opini yang diutarakan penulis harus dilandasi dengan fakta-fakta dari sumber tercercaya.
Nah, tugas kita kali ini adalah mencari fakta dan opini yang ada di dalam artikel berjudul "Interaksi Peserta Didik Difabel di Sekolah Inklusi".
Seperti apa referensi pembahsannya?
Simak, yuk!
Kegiatan 4: Menemukan Fakta dan Opini dalam Artikel Ilmiah Populer
Berikut disajikan beberapa kalimat dalam artikel "Interaksi Peserta Didik Difabel di Sekolah Inklusi".
Kelompokkan kalimat yang merupakan fakta dan kalimat yang merupakan opini dengan memberikan tanda centang!
1. Peserta didik yang mengalami keterbatasan, baikdari segi fisik maupun mental, disebut peserta didik difabel:
Jawaban: Fakta.
2. Dikutip dari laman halodoc.com, difabel adalah bentuk halus untuk menggambarkan kondisi seseorang yang mengalami disabilitas atau keterbatasan, baik dari segi fisik, mental, maupun intelektual.
Jawaban: Fakta.
3. Peserta didik difabel sudah selayaknya mendapa tlayanan khusus saat berinteraksi di sekolah inklusi.
Jawaban: Opini.
4. Jadi, sekolah inklusi memberikan layanan khusus terhadap peserta didik difabel dalam berinteraksi.
Jawaban: Opini.
5. Berdasarkan penelitian yang dilakukan olehPrasetyo (2010: xv), interaksi terhadap peserta didik difabel dapat dilakukan dengan interaksisimbolik atau interaksi yang menggunakan simbol-simbol, seperti puzzle, gambar, dan simbolsimbol pendukung lainnya.
Jawaban: Fakta.
6. Layanan ini seharusnya tidak hanya datang dari guru pendamping, tetapi juga dari semua pihak yang ada di sekolah.
Jawaban: Opini.
7. Jika sewaktu-waktu peserta didik difabel keluar dari sekolah dengan alasan apa pun, masyarakat diharapkan memperlakukan mereka dengan baik.
Jawaban: Opini.
Nah, demikianlah pembahasansoal mencari fakta dan opini dalam teks "Interaksi Peserta Didik Difabel di Sekolah Inklusi".