Langkah-Langkah Menafsirkan Teks Puisi, Materi Bahasa Indonesia Kelas 11 Kurikulum Merdeka

By Nabil Adlani, Rabu, 26 Oktober 2022 | 17:00 WIB
Menafsirkan teks puisi bisa dilakukan dengan beberapa langkah. (pexels/Andrea Piacquadio)

adjar.id Menafsirkan teks puisi termasuk sebagai kegiatan apresiasi puisi.

Apresiasi puisi adalah kegiatan bersastra untuk mengenali, menghargai, menikmati, menafsirkan, mengevaluasi, menciptakan, dan mempresentasikan puisi.

Kegiatan apresiasi puisi ini meliputi apresiasi reseptif dan apresiasi produktif, Adjarian.

Nah, kali ini pembahasannya mengenai langkah-langkah menafsirkan teks puisi yang merupakan materi Bahasa Indonesia kelas 11 Kurikulum Merdeka.

O iya, teks puisi adalah bentuk bahasa yang mempertimbangkan perpaduan aspek bunyi untuk menyampaikan pengalaman emosional, imajinatif, dan intelektual penyair.

Hal ini didapatkan penyair dari kehidupan individual atau sosialnya diungkapkan dengan teknik tertentu sehingga membangkitkan pengalaman tertentu dalam diri pembaca atau pendengar.

Teks puisi mutakhir dan teks puisi modern sangat memperlihatkan masalah individual manusia sebagai pusat perhatian.

Sebagai karya sastra, teks puisi memiliki nilai seni jika pengalaman jiwa penyair yang menjadi dasarnya dapat diterjemahkan ke dalam kata secara lengkap dan jelas.

Pengalaman jiwa makin tinggi nilainya jika pengalaman ini makin banyak meliputi jiwa, makin kuat, atau makin luas jangkauannya untuk menjunjung nilai yang ada di dalam kehidupan.

Lalu, apa saja langkah-langkah menafsirkan teks puisi?

“Mempelajari teks puisi mutakhir atau modern bisa memberikan manfaat, salah satunya membangkitkan pengalaman tertentu dalam diri.”

Baca Juga: Langkah-Langkah Menemukan Makna Puisi