Jawab Soal Kegiatan 1 Menganalisis Teks Eksplanasi, Materi Bahasa Indonesia Kelas 11 Kurikulum Merdeka

By Nabil Adlani, Selasa, 11 Oktober 2022 | 15:20 WIB
Teks eksplanasi dibuat untuk menggambarkan proses terjadinya suatu peristiwa. (pexels)

adjar.id Teks eksplanasi merupakan salah satu bentuk teks dalam bahasa Indonesia.

Dalam buku Bahasa Indonesia Tingkat Lanjut Cakap Berbahasa dan Bersastra Indonesia kelas 11 Kurikulum Merdeka, terdapat soal Kegiatan 1 di halaman 39.

Pada soal tersebut, terdapat beberapa pertanyaan yang berasal dari teks eksplanasi berjudul “Hujan Meteor Perseid 12-13 Agustus di Langit Indonesia, Ini Waktu dan Cara Menyaksikannya”.

Nah, kali ini kita akan membahas soal tersebut.

Teks ekplanasi adalah teks yang berisikan tentang proses suatu kejadian, baik alam, sosial, budaya, pengetahuan, dan sebagainya.

Biasanya teks eksplanasi menyajikan berbagai rentetan peristiwa atau kejadian dengan tujuan sebagai pembelajaran bagi pembacanya.

Teks eksplanasi pada dasarnya bertujuan untuk menjelaskan suatu peristiwa atau fenomena yang terjadi dengan memaparkan sebab dan akibat.

Nah, sekarang mari kita simak pembahasan soal seputar analisis teks eksplanasi tersebut.

Kegiatan 1 Menganalisis Teks Eksplanasi

Berikut beberapa pertanyaan berdasarkan teks “Hujan Meteor Perseid 12-13 Agustus di Langit Indonesia, Ini Waktu dan Cara Menyaksikannya”.

1. Apa saja pokok-pokok informasi dalam teks?

Baca Juga: Jawab Soal Perbandingan Informasi pada LHO dan Teks Eksplanasi 'Kunang-Kunang', Buku Kurikulum Merdeka Bahasa Indonesia Kelas X Bab I