Cara Mengintegrasikan Aplikasi Perkantoran, Materi Informatika Kelas 10 Kurikulum Merdeka

By Nabil Adlani, Kamis, 6 Oktober 2022 | 14:00 WIB
Mengintegrasi berbagai aplikasi perkantoran bisa dilakukan dengan beberapa cara. (unsplash/Romain V)

adjar.id – Berbagai aplikasi perkantoran bisa diintegrasikan dengan menggunakan beberapa cara.

Aplikasi perkantoran biasanya digunakan untuk memudahkan kegiatan pekerja kantor dalam menyelesaikan pekerjannya, Adjarian.

Ada berbagai jenis aplikasi perkantoran yang banyak digunakan seperti Microsoft Word, Microsoft Power Point, Microsoft Excel, dan sebagainya.

Nah, kali ini kita akan membahas cara mengintegrasi berbagai aplikasi untuk perkantoran yang merupakan salah satu materi informatika kelas 10 Kurikulum Merdeka.

O iya, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), integrasi adalah pembauran hingga menjadi kesatuan yang utuh atau bulat. 

Mengintegrasi artinya menyatukan beberapa objek, data, atau komponen untuk membentu sesuatu yang utuh dan bermakna, meskipun komponennya tadinya tidak saling berhubungan.

Hal ini bisa kita lakukan dengan mengintegrasikan berbagai aplikasi perkantoran.

Setiap aplikasi perkantoran memiliki fungsi yang berbeda-beda sehingga pengguna biasanya hanya menggunakan satu aplikasi dalam sekali waktu.

Misalnya, menggunakan aplikasi word processor untuk menyusun suatu dokumen.

Nah, berikut penjelasan mengenai cara mengintegrasikan aplikasi perkantoran.

“Ada kalanya diperlukan lebih dari satu aplikasi untuk suatu keperluan, sehingga dibutuhkan integrasi aplikasi.”

Baca Juga: Bagaimana Cara Membulatkan Angka dalam Microsoft Excel?

Cara Mengintegrasikan Aplikasi Perkantoran

Adanya integrasi memungkinkan untuk mengaitkan data atau fitur antaraplikasi sehingga data atau fitus pada satu aplikasi bisa digunakan di aplikasi lain.

Integrasi konten aplikasi perkantoran bertujuan untuk menggabungkan konten aplikasi lain dalam satu aplikasi.

Contohnya, pada Microsoft office, data dari Microsoft Excel bisa ditautkan dengan dokumen pada Microsoft Word dalam pembuatan surat.

Itu merupakan contoh implementasi dari integrasi konten antaraplikasi di Microsoft Office.

Nah, berikut beberapa cara yang bisa digunakan untuk mengintegrasikan data, teks, dan gambar antaraplikasi perkantoran.

1. Integrasi dengan Perintah Cut, Copy, dan Paste

Perintah cut atau potong, copy atau salin, dan paste atau tempel pada aplikasi komputer terinspirasi dari praktir tradisional dalam pengeditan naskah dalam sebuah kertas.

Perintah cut, copy, dan paste sangat populer digunakan dalam berbagai aplikasi perkantoran.

Hal ini digunakan agar memudahkan pengguna dalam memindahkan data, teks, ataupun gambar.

O iya, bahkan banyak aplikasi yang menyediakan cara unik untuk metode ini.

Baca Juga: Bagaimana Cara Mengubah Format File Word ke PDF?

Misalnya dengan kombinasi tombol, menu tarik-turun, menu pop-up, dan sebagainya. 

Perintah cut digunakan untuk memindahkan teks atau objek lain ke dalam clipboard berupa tempat penyimpanan sementara.

Lalu, perintah paste akan memindahkan objek dari clipboard tadi menuju ke dokumen yang dituju.

Sementara perintah copy akan menyalin teks atau objek lain yang disorot ke clipboard dan memindahkan objek tersebut ke dokumen tujuan.

“Perintah cut, copy, dan paste merupakan cara integrasi yang mudah untuk memindahkan data, teks atau gambar dari satu dokumen ke dokumen lain.”

2. Fitur Integrasi Konten pada Aplikasi

Integrasi konten pada bagian ini dilakukan dengan menggunakan fitur integrasi yang tersedia di dalam suatu aplikasi.

Jadi, kita bisa menggunakan menu pada salah satu aplikasi yang secara otomatis akan membuka aplikasi lainnya.

Misalnya pada Microsoft Word, ketika menu insert chart dipilih, maka akan secara otomatis terbuka Microsoft Excel.

Hal tersebut juga berlaku saat kita memilih menu insert chart pada Microsoft Power Point.

“Ada fitur integrasi yang terdapat langsung di dalam aplikasi yang bisa menghubungkan dengan aplikasi lain.”

Baca Juga: 20 Kombinasi Ctrl pada Microsoft Word beserta Fungsinya

3. Object Linking

Pada Object Linking untuk Microsoft Office, objek yang berasal dari aplikasi perkantoran lain bisa disisipkan ke aplikasi perkantoran yang sedang dibuat.

Perubahan pada data sumber akan mengakibatkan perubahan pada objek yang dihubungkan dengan fasilitas ini pada aplikasi lain. 

Nah, itulah beberapa cara mengintegrasikan aplikasi perkantoran, salah satunya dengan perintah cut, copy, dan paste.

Coba Jawab!

Apa yang dimaksud dengan perintah cut, copy, dan paste?

Petunjuk: Cek halaman 2.