Pengelompokan Jenis Virus yang Merugikan Makhluk Hidup

By Nabil Adlani, Rabu, 28 September 2022 | 10:30 WIB
Jenis virus yang merugikan makhluk hidup sangat beragam, baik untuk manusia, hewan, maupun tumbuhan. (unsplash/Fusion Medical Animation)

adjar.id – Sudah tahu pengelompokan jenis virus yang merugikan makhluk hidup?

Adjarian, virus merupakan salah satu penyebab penyakit bagi makhluk hidup, baik untuk manusia, hewan, maupun tumbuhan.

Berbeda dengan bakteri, virus tidak bisa dimaksukkan ke dalam kategori peralihan dari makhluk tidak hidup ke makhluk hidup.

Jika virus berada di luar sel hidup, virus tidak dapat tumbuh, bergerakan, dan berkembangbiak sehingga dikelompokkan sebagai makhluk tidak hidup.

Akan tetapi, jika virus berada di dalam sel makhluk hidup, virus dapat tumbuh dan berkembangbiak sehingga dikatakan sebagai makhluk hidup.

Nah, kali ini kita akan membahas mengenai pengelompokan dari jenis-jenis virus yang merugikan dalam materi biologi kelas 10 SMA.

O iya, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), virus adalah mikroorganisme yang tidak dapat dilihat dengan menggunakan mikroskop biasa, hanya dapat dilihat dengan menggunakan mikroskop elektron, penyebab dan penular penyakit.

Ciri-ciri umum virus di antaranya berukuran sangat kecil, tubuhnya terdiri atas selurung dan bahan inti, virus tidak memiliki membran dan organel sel, serta virus bisa dikristalkan.

Bentuk virus ini bermacam-macam, mulai dari berbentuk batang, mola, berbentuk peluru, dan bentuk huruf T.

Yuk, kita cari tahu pengelompokan jenis virus yang merugikan makhluk hidup berikut ini, Adjarian!

“Virus hanya bisa berkembangbiak saat berada di dalam tubuh makhluk hidup atau jaringan hidup lainnya.”

Baca Juga: Jawab Soal Buku IPA Kurikulum Merdeka Kelas 10, Perananan Virus No. 1-2