Jawab Soal Lembar Aktivitas 5 Menghitung Pendapatan Nasional, Materi Ekonomi Kelas 11 Kurikulum Merdeka

By Nabil Adlani, Senin, 26 September 2022 | 14:00 WIB
Menghitung pendapatan nasional suatu negara bisa memudahkan mengetahui besaran pendapatan nasional. (pexels/Robert Lens)

adjar.idMenghitung pendapatan nasional suatu negara bisa dilakukan denganmenggunakan perhitungan pendapatan nasional.

Ada tiga pendekatan yang digunakan dalam perhitungan pendapatan nasional, yaitupendekatan produksi, pendekatan pengeluaran, dan pendapatan penerimaan.

Dalam buku Ekonomi kelas 11 Kurikulum Merdeka, terdapat soal Lembar Aktivitas 5 dihalaman 61.

Pada soal tersebut terdapat dua pertanyaan mengenai menghitung pendapatan nasionalsuatu negara.

Nah, agar bisa menjadi sumber referensi bagi Adjarian, kali ini kita akan membahasjawaban soal tersebut yang menjadi materi ekonomi kelas 11 SMA Kurikulum Merdeka.

O iya, pendapatan nasional adalah nilai barang dan jasa yang diproduksi oleh masyarakatsuatu negara dalam satu periode waktu tertentu.

Dengan kata lain, pendapatan nasional adalah nilai bersih dari semua kegitan ekonomisuatu negara selama kurun waktu satu tahun yang diukur dalam satuan mata uang tertentu.

Pendapatan nasional juga bisa dimaknai sebagai jumlah pendapatan yang didapatkan suatunegara dari kegiatan ekonomi dalam waktu satu tahun.

Jumlah ini termasuk pembayaran yang dilakukan untuk semua sumber daya, baik dalambentuk upah, sewa, keuntungan, maupun bunga.

Sehingga, penerimaan dan pengeluaran yang bersumber dari pelaku ekonomi jugadiperhitungkan sebagai pendapatan nasional suatu negara.

Yuk, kita cari tahu jawaban Lembar Aktivitas 5 tentang menghitung pendapatan nasionalberikut ini, Adjarian!

Baca Juga: 6 Konsep Pendapatan Nasional, Materi Ekonomi Kelas 11 Kurikulum Merdeka