Makna Membangun Kehidupan yang Demokratis di Indonesia

By Nabil Adlani, Jumat, 16 September 2022 | 11:00 WIB
Penerapan persamaan kedudukan di muka hukum merupakan salah satu makna membangun kehidupan yang demokrasi di Indonesia. (unsplash/Tingey Injury Law Firm)

adjar.id – Membangun kehidupan yang demokratis di Indonesia merupakan hal yang penting.

Hal ini karena Indonesia merupakan negara demokrasi yang di mana penerapan nilai-nilainya harus dilakukan.

Sehingga, kehidupan warga negara akan lebih baik dan sejahtera, Adjarian.

Nah, kali ini kita akan membahas mengenai makna membangun suatu kehidupan yang demokratis di Indonesia dalam materi PPKn kelas 11 SMA.

O iya, dalam pandangan Abraham Lincoln, demokrasi adalah suatu sistem pemerintahan dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat.

Artinya, rakyat memiliki kebebasan untuk melakukan semua aktivitas kehidupan, termasuk aktivitas politik tanpa adanya tekanan dari pihak manapun.

Karena pada hakikatnya, yang berkuasa adalah rakyat untuk kepentingan bersama.

Jadi, sebagai konsep politik, demokrasi adalah landasan dalam menata sistem pemerintahan negara yang terus berproses ke arah yang lebih baik.

Dalam proses ini, rakyat diberikan peran penting dalam menentukan atau memutuskan berbagai hal yang menyangkut kehidupan bersama sebagai sebuah negara dan bangsa.

Yuk, kita simak makna membangun kehidupan yang demokrasi di Indonesia berikut ini, Adjarian!

“Kehidupan yang demokratis di suatu negara akan membuat adanya kebebasan bagi rakyat dalam berekspresi dan berpendapat dengan penuh tanggung jawab.”

Baca Juga: Indikator Sistem Pemerintahan Menganut Sistem Demokratis